Hari Raya Waisak, yang jatuh pada tanggal 23 Mei, merupakan hari suci bagi umat di seluruh . Hari ini diperingati sebagai hari kelahiran, pencerahan, dan parinibbana (kematian) Sang Gautama.

dan Signifikansi

Waisak berasal dari kata “Vesākha” dalam Pali, yang merujuk pada dalam kalender kuno. Pada hari ini, umat merayakan tiga peristiwa penting dalam Gautama: kelahirannya di Lumbini, pencerahannya di Bodh Gaya, dan parinibbana-nya di Kushinagar.

Perayaan di

Di , perayaan Waisak adalah momen penting bagi umat . Ribuan umat dari berbagai penjuru negeri berkumpul di Borobudur, candi terbesar di , untuk merayakan Waisak. Prosesi dimulai dengan pawai obor dari Mendut ke Borobudur, diikuti oleh meditasi dan doa bersama.

Kesimpulan

Hari Raya Waisak adalah peringatan akan perjalanan Sang dan pengajaran-Nya tentang dan pencerahan. Meski dirayakan pada tanggal 23 Mei, pesan universal tentang kasih sayang dan kedamaian relevan sepanjang tahun dan bagi semua umat .

Semoga artikel ini memberikan gambaran yang jelas tentang Hari Raya Waisak dan pentingnya perayaan ini bagi umat di seluruh , khususnya di . Selamat Hari Raya Waisak! Semoga selalu menyertai kita semua.