Orissa Anggita Rinjani, Psikolog & Co-Founder Rumah Dandelion menyebut bahwa kehadiran terbuka dapat dioptimalkan untuk memperkuat stimulasi tumbuh kembang usia satu tahun ke atas.

“Karakteristik bermain di terbuka memungkinkan - menjalin persahabatan, sekaligus mendukung pengembangan keterampilan sosial yang penting seperti empati, kompromi, dan kesabaran. yang rutin bermain di luar ruang juga memiliki kecenderungan lebih besar untuk menampilkan baik pada orang lain, atau dengan kata lain mampu mengatur emosional dengan baik,” jelasnya melalui rilis yang diterima pada 25 Juli .

Agar Si Hati dapat memaksimalkan pengembangan diri dan bersosialisasi dengan teman-teman sebaya di terbuka, berikut adalah serangkaian dari Orissa untuk para orang tua:

1. Dorong Hati untuk berinteraksi dengan teman-teman sebaya, misalnya mengimbau untuk saling bergantian menggunakan sarana bermain guna melatih kemampuan sosialisasinya. Untuk yang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri, orang tua bisa mengatur playdate dengan teman-teman yang sudah dikenal di terbuka, dan memberikan mereka tempat bermain yang lebih edukatif guna mengasah aspek psikososialnya.

2. Latih kepekaan dengan menemaninya mengenali berbagai hal menarik saat bermain di terbuka, termasuk mengajarkan mereka pentingnya menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

3. Latih motorik dengan mengenalkan Hati kepada berbagai permainan yang menuntut gerak aktif, antara lain bermain ayunan, jungkat-jungkit dan engklek.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

4. Orang tua harus konsisten mengingatkan tentang pentingnya bersikap positif sekaligus beri penjelasan dampak baik yang didapat dari sikap tersebut, sehingga memiliki karakter dan moral yang baik.

5. Ajarkan pentingnya keamanan dan keselamatan di luar rumah, misalnya memegang handrail ketika naik atau turun tangga. Juga, bangun kebiasaan Hati untuk mengantri dan menunggu giliran bermain wahana secara bergantian. Hal ini bisa melatih sisi emosionalnya yaitu kesabarannya. 

Senada dengan hal tersebut dan menyambut Hari , Nestlé DANCOW Imunutri mewujudkan peremajaan terbuka ramah di lima kota, yakni Banjarmasin, Tebing Tinggi, , Makassar, dan Sidoarjo sebagai bagian dari Dua Juta Dukungan Bunda pada kampanye Gerakan #AkuDanKauSukaDancow. Untuk Banjarmasin, peremajaan dilaksanakan di Taman Bungas dengan sejumlah kegiatan, antara lain perbaikan beberapa alat permainan - dan penambahan sejumlah fasilitas taman.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong orang tua untuk mengoptimalkan stimulasi dan eksplorasi potensi terbaik usia satu tahun ke atas.