– Jam tangan kini bukan sekadar penunjuk . Selain sebagai aksesori fesyen yang melengkapi penampilan, jam tangan juga menjadi perangkat multifungsi yang mendukung dan profesi. Mulai dari watch yang mencatat performa hingga dive watch untuk penggemar selam, beragam jenis jam tangan kini semakin diminati.

Dengan fungsinya yang beragam, tak jarang orang memiliki lebih dari satu jam tangan, bahkan menjadikannya koleksi. Apalagi, jam tangan kini semakin mudah berkat kehadiran daring. Berbagai brand dan retail jam tangan telah menerapkan strategi omnichannel, yang memungkinkan konsumen untuk membeli jam tangan dari mana saja.

Menurut The Deloitte Swiss Watch Industry Study , sebanyak 52% konsumen masih memilih berbelanja jam tangan di toko fisik, meskipun angkanya menurun dibandingkan tahun sebelumnya (58%). Sementara itu, pembelian jam tangan secara daring terus meningkat, baik melalui (24%) maupun website brand (17%).

Alasan utama konsumen masih memilih berbelanja langsung di toko adalah untuk merasakan mencoba produk secara langsung (52%). Selain itu, kontak langsung dengan penjual dan ahli di toko menjadi pertimbangan bagi 43% responden, diikuti kenyamanan (42%).

Dalam merespons , Perfect Corp., industri SaaS dan AR untuk kecantikan dan fesyen, menjawab ini melalui terbaru dengan TIMEZ, agregasi jam tangan mewah. Perfect Corp. memperkenalkan fitur AR Try-On, yang memungkinkan konsumen untuk mencoba jam tangan secara virtual melalui TIMEZ.

Fitur ini menghadirkan visual 3D yang realistis dan interaktif, sehingga konsumen dapat memutar tampilan jam tangan 360 derajat. Dengan AgileHand™️, konsumen dapat memutar pergelangan tangan secara virtual untuk melihat jam tangan dari berbagai sudut. 3D Rendering memastikan tampilan warna, tekstur, dan pencahayaan jam tangan ditampilkan secara akurat.

Selain itu, fitur pengenalan jam tangan berbasis memungkinkan konsumen mengidentifikasi model jam tangan hanya dengan foto. Dalam 0,8 detik, dapat mengenali merek dan seri jam tangan, serta memberikan informasi harga dan spesifikasi teknis secara detail.

Menurut Alice Chang, Founder dan CEO Perfect Corp., “ dengan TIMEZ ini menunjukkan bagaimana kami dapat memberikan berbelanja yang lebih personal dan interaktif bagi penggemar jam tangan, sekaligus mendukung pertumbuhan industri jam tangan mewah.”

Penggunaan canggih ini membuktikan bahwa di era saat ini, berbelanja jam tangan bisa menjadi lebih praktis, efisien, dan memuaskan, seiring dengan perkembangan yang terus mendukung di berbagai sektor.