Kecamatan merupakan wilayah paling utara di Kabupaten , lokasinya terletak di dekat muara Sungai Citarum yang merupakan sungai terpanjang di Provinsi .

Jika dilihat dari peta, lokasinya malah cenderung lebih dekat ke Cilincing, Utara jika menggunakan sarana kapal nelayan tradisional alih-alih ke pusat Kabupaten di CIkarang apalagi dengan Provinsi yaitu .

Karena akses ke tersebut cukup jauh, warga kerap mengalami sejumlah berbagai masalah diantaranya air bersih.

Sebagai pesisir utara yang memang rentan dengan isu penurunan tanah yang juga mengakibatkan intrusi atau penyerapan ke sumber air tawar, hal ini menjadi tantangan bagi warga setempat dalam mendapatkan air yang layak minum.

Hal inilah yang ditemukan oleh sejumlah akademisi Universitas Negeri dari Fakultas Teknik melalui program pengabdian berusaha untuk memberdayakan dan memberi solusi kepada khususnya di kalangan yaitu Madinatul Ilmi yang berlokasi di Pantai Mekar.

“Berkat kegiatan Pengabdian Kepada Wilayah Binaan Unggulan Fakultas Tenik dengan tim yang terdiri dari Imam Arif Rahardjo, M.T, Drs. Readysal Monantun, M.Pd, dan Ir. Parjiman, M.T beserta melalui inovasi terkini dan semangat pemberdayaan, Madinatul Ilmi berhasil mengubah menjadi berkualitas melalui penggunaan ,” ujar Imam Arif Rahardjo kepada pada 26 Oktober melalui keterangan pers.

Scroll Untuk Lanjut Membaca