AL dalam hal ini Pangkalan AL Nias ( Lanal Nias) dengan mengerahkan 2 unsurnya membantu menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Ulang (PSU) yang diselenggarakan di Kecamatan Simuk, Kabupaten Nias Selatan, pada Sabtu (29/6/2024).

Lanal Nias mengerahkan Kapal Angkatan Laut (KAL) Hinako I-2-19 dan RHIB (Rigid Hulled Inflatable Boat) dalam pergeseran PSU dan Panitia dari (Komisi Pemilihan Umum) dan (Badan Pengawas ) Nias Selatan, .

Menurut Komandan Lanal Nias, Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah, pengerahan KAL Hinako I-2-19 dan RHIB dalam pergeseran PSU karena Simuk merupakan salah satu yang cukup sulit dijangkau aksesnya.

Kegiatan dimulai dengan rapat koordinasi Forkopimda, KPUD dan yang selanjutnya dilaksanakan pergeseran PSU dan Panitia oleh Kal Hinako I-2-19 dari dermaga Baru Telukdalam menuju ke Kecamatan Simuk, Nias Selatan pada 28 Juni.

Selesai pelaksanaan tanggal 29 Juni 2024, pergeseran PSU dan panitia kembali dengan Kal Hinako I-2-19 dan tiba di Baru Telukdalam, Nias Selatan, dengan aman dan lancar.

Pada kesempatan terpisah, Staf Angkatan Laut ( Kasal) Laksamana Dr. Muhammad Ali menyampaikan bahwa AL siap mendukung pengiriman ke - terdepan dan terpencil yang sulit dijangkau akses pendistribusiannya.

Demikian Dinas Penerangan Angkatan Laut.