Rasa haru bercampur bahagia terlihat jelas di dalam raut wajah Sermatutar (M) Mochamad Irvan Sugianto, S.Tr (Han). Dia adalah salah satu Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-69 tahun 2024 yang berhasil mendapatkan penghargaan lulusan terbaik dan berhak mendapatkan Bintang yang nantinya akan disematkan oleh RI pada upacara Prasetya Perwira di Istana Republik .

Mochamad Irvan adalah Taruna lulusan terbaik AAL dari Korps Marinir AL. Dia mengaku sama sekali tidak menyangka, bahwa dirinya yang hanya merupakan anak dari ibu yang bekerja sebagai serabutan dapat berhasil membuat bangga keluarganya di kampung halaman, Sorong, . “Untuk kami, kebetulan saya sekarang tinggal dengan ibu. Ibu kami bekerja sebagai pekerja serabutan, jadi apa saja yang bisa menghasilkan , alhamdulillah ibu kami laksanakan. Saat ini ibu kami melanjutkan jaga warung kios (kelontong) milik nenek kami yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti sabun mandi di sorong,” kata Sermatutar (M) Mochamad Irvan Sugianto usai mendapatkan penghargaan dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali pada Upacara Penutupan (Tupdik) dan Wisuda Sarjana 129 Taruna/Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-69 tahun 2024 di Gedung Maspardi, Kampus AAL, Bumimoro, , Jum'at, 5 Juli 2024

Taruna yang berasal dari satuan Korps Marinir itu mengatakan, sejak awal menempuh di Akademi Angkatan Laut (AAL), dirinya selalu memegang teguh pesan dari sang ibu tercinta. Dia meyakini, keberhasilan yang saat ini diperoleh dirinya itu adalah bagian dari do'a yang setiap saat dilantunkan oleh sang ibunda tercinta di kampung halaman. “Pesan dari ibu kepada saya selalu menjaga ibadah, terutama ibadah lima Waktu. Kemudian selalu rendah hati dimana pun dan kapan pun saya berada. Dan Kemarin setelah saya sampaikan bahwa saya mendapatkan , alhamdulillah begitu bangga dan senangnya ibu kami, dan beliau berpesan jangan jumawa, jangan , dan tetaplah rendah hati,” ungkapnya penuh haru.

Untuk diketahui, Upacara Penutupan (Tupdik) dan Wisuda Sarjana 129 orang yang terdiri dari 117 Taruna dan 12 Taruni AAL Angkatan ke-69 Tahun 2024 ini dipimpin langsung oleh Kasal Laksamana Muhammad Ali. Upacara Penutupan (Tupdik) ditandai dengan pengalungan Samir (kalung wisuda) kepada para wisudawan oleh Kasal didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali selaku Ibu Taruna AAL. Sementara itu, penyerahan tanda lulus kepada para Taruna oleh Gubernur AAL Laksda Supardi. KSAL Laksamana Muhammad Ali dalam amanatnya menyampaikan bahwa AAL merupakan lembaga pertama, kawah chandradimuka bagi Perwira Jalasena, yang tidak hanya bertanggung jawab mencetak calon pemimpin AL dan , melainkan juga melahirkan calon-calon pemimpin .

“Atas nama Angkatan Laut, saya mengucapkan selamat kepada para Taruna AAL Angkatan ke-69 yang telah berhasil menyelesaikan dan meraih gelar sarjana terapan pertahanan sesuai studi masing-masing,” kata Kasal Muhammad Ali. Dalam kesempatan itu, Kasal juga mengucapkan selamat kepada taruna berprestasi penerima penghargaan Bintang (sebagai lulusan terbaik Matra Laut), Adi Prasta (lulusan terbaik tiap Korps) dan Adi Pratama Karya (penghargaaan untuk skripsi terbaik). “Jadikanlah prestasi tersebut sebagai modal awal dan motivasi untuk terus memberikan karya terbaik bagi bangsa dan ,” ujar Kasal. Pada wisuda kali ini sebanyak 129 alumni D4 (setara S1) Lembaga AAL, berhak menyandang gelar S.Tr (Han) (Sarjana Terapan Pertahanan) dengan lima Program , yaitu Korps Pelaut dengan Program (Prodik) Manajemen Pertahanan Matra Laut, Korps Teknik dengan Prodik Teknik Kapal Perang, Korps Elektro dengan Prodik Teknik Elektronika Kapal Perang, Korps Suplai dengan Prodik Manajemen dan Keuangan Matra Laut, serta Korps Marinir dengan Prodik Manajemen Pertahanan Matra Laut Darat. Selain itu, Laksamana Muhammad Ali juga menyampaikan, bahwa ada beberapa Taruna yang menempuh Taruna di yaitu 2 Taruna di US Naval Academy, dan 1 Taruna di National Defense Academy, .

“Dengan mengikuti Naval Academy di - maju, nantinya apa yang mereka dapat, bisa diterapkan juga di sini, guna meningkatkan kualitas di Akademi Angkatan Laut. Nanti kedepannya kita juga harapkan dapat menerima Taruna dari luar untuk dididik di sini,” ungkap Kasal. Lebih jauh lagi KSAL juga menyampaikan, para Taruna AAL saat ini juga telah dibekali pengetahuan teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman sehingga mereka tidak gagap teknologi (Gaptek) tanpa mengurangi nilai-nilai moral dan moril dari Prajurit AL. Adapun Taruna yang berhak menyandang sebagai lulusan terbaik masing-masing Korps dan mendapat piagam penghargaan yaitu Korps Pelaut Sermatutar (P) Judhan Umar, S.Tr (Han), Korps Teknik Sermatutar (T) Muhammad Pramono Mukti, S.Tr (Han), Korps Elektronika Sermatutar (E) Fandi Kurniawan, S.Tr (Han), Korps Suplai Sermatutar (S/W) Annisa Inas Hanifah, S.Tr (Han), dan Korps Marinir Sermatutar (M) Mochamad Irvan Sugianto, S.Tr (Han).


KSAL Muhammad Ali bersama Taruna Peraih AAL 2024 Sumber : Dispenal