Kerajaan , yang berdiri sejak abad ke-4 Masehi di yang kini dikenal sebagai Kalimantan Timur, adalah kerajaan tertua di Nusantara.

Kerajaan ini memiliki peran penting dalam karena menjadi cikal bakal bagi kerajaan-kerajaan lain yang muncul di Nusantara.

Salah satu peninggalan paling signifikan dari Kerajaan adalah  Yupa. ini merupakan serangkaian tujuh tugu batu yang menandai eksistensi dan kejayaan kerajaan tersebut. - ini menggunakan Sanskerta dengan huruf Pallawa, yang mencerminkan pengaruh kuat di tersebut.

Namun, setelah era Maharaja Mulawarman, Kerajaan mengalami kemunduran. Raja-raja pengganti tidak mampu mempertahankan kestabilan dan kekuatan kerajaan, yang akhirnya berujung pada kejatuhan Martadipura. Pada abad ke-13, terjadi besar dengan munculnya Kerajaan Kartanegara yang bercorak , menandai berakhirnya era Kerajaan Martadipura di Nusantara.

Peninggalan Kerajaan , khususnya Yupa, menjadi bukti tak terbantahkan dari keberadaan dan kejayaan kerajaan pertama di . Ini juga menunjukkan bagaimana interaksi antarbudaya, khususnya dengan , telah membentuk dan sejak masa-masa awal. Peninggalan ini tidak hanya penting secara historis tetapi juga menjadi bisu atas zaman dan peradaban yang terjadi di Nusantara.