adalah istilah yang menggambarkan kelompok orang yang berada dalam situasi unik, di mana mereka harus menanggung beban finansial dan emosional dari dua generasi yang berbeda: mereka dan - mereka. Istilah ini mencerminkan posisi mereka yang terjepit di tengah, layaknya isi sandwich di antara dua potong roti.

Pengertian

merujuk pada individu yang berada di usia produktif dan memiliki tanggung jawab ganda: merawat yang sudah lanjut usia sekaligus mendukung - mereka yang masih bergantung. Fenomena ini menjadi semakin umum seiring dengan meningkatnya harapan hidup dan struktur modern.

Penyebab Munculnya

Beberapa faktor yang menyebabkan munculnya , antara lain:

  1. Peningkatan Umur Harapan Hidup Dengan bertambahnya usia harapan hidup, banyak yang membutuhkan dukungan lebih lama dari - mereka.
  2. Struktur  Struktur yang berubah, termasuk menunda memiliki dan peningkatan angka perceraian, berkontribusi pada beban tanggung jawab ini.
  3. Kondisi  Kondisi yang tidak stabil dan kesenjangan sosial dapat memaksa generasi muda untuk mendukung mereka secara finansial.

Dampak pada

Dampak dari menjadi bagian dari bisa sangat berat, baik secara finansial maupun emosional. Individu mungkin merasa tertekan karena harus memenuhi dua generasi, sering kali sambil mengabaikan mereka sendiri.

Strategi Menghadapi

Untuk menghadapi ini, beberapa strategi yang bisa diadopsi adalah:

  • Perencanaan Finansial Memiliki perencanaan finansial yang matang untuk masa depan dan pensiun dapat membantu meringankan beban finansial.
  • Pembagian Tanggung Jawab Membagi tanggung jawab perawatan dan dukungan dengan saudara atau anggota lainnya.
  • Mencari Dukungan Memanfaatkan sosial dan yang dapat memberikan bantuan dalam perawatan .
  • Menjaga  Penting untuk menjaga dengan mencari untuk diri sendiri dan melakukan aktivitas yang menenangkan.

adalah fenomena sosial yang kompleks dan membutuhkan pemahaman serta dukungan dari semua pihak untuk mengatasinya. Dengan strategi yang tepat, beban yang dirasakan oleh dapat dikurangi, memungkinkan mereka untuk menjalani yang lebih seimbang dan memuaskan.