adalah proses yang kompleks dan dinamis, dan salah satu komponen penting dalam proses ini adalah . Dalam , memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung .

dalam bukan hanya berfungsi sebagai untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan , tetapi juga sebagai untuk mendukung dan memandu proses . dapat digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar , memonitor perkembangan mereka, dan memberikan umpan balik yang berharga untuk meningkatkan pengajaran dan .

Dalam , diintegrasikan ke dalam proses . Ini berarti bahwa bukan hanya dilakukan di akhir unit atau kursus, tetapi sepanjang proses . formatif, misalnya, digunakan untuk memonitor perkembangan dan memberikan umpan balik yang berharga untuk dan .

Selain itu, juga mendorong penggunaan autentik, yang melibatkan tugas dan aktivitas yang mencerminkan situasi dunia nyata dan relevan dengan . autentik ini dapat membantu menghubungkan apa yang mereka pelajari di dengan dunia di luar , dan mempersiapkan mereka untuk dan di abad ke-21.

Namun, mengintegrasikan ke dalam dalam bukanlah tugas yang mudah. Ini memerlukan pemahaman yang mendalam tentang , pengetahuan tentang berbagai asesmen, dan keterampilan untuk menerapkan asesmen secara efektif. juga perlu memahami bagaimana menggunakan umpan balik dari asesmen untuk memandu pengajaran dan .

Secara keseluruhan, asesmen adalah komponen penting dalam . Dengan mengintegrasikan asesmen ke dalam proses , kita dapat mendukung dan membantu mencapai potensi penuh mereka.