Membersihkan kulit adalah proses yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran.

Kulit yang belum diolah dapat memiliki kotoran, , dan bahan organik lainnya yang harus dibersihkan sebelum proses penyamakan. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam membersihkan kulit :

  1. Pra-Pencucian: Pertama, kulit harus direndam dalam untuk menghilangkan kotoran permukaan dan untuk melembutkan kulit.
  2. Penghilangan Bulu: Setelah kulit lembut, bulu pada kulit harus dihilangkan. Ini bisa dilakukan secara manual dengan pisau cukur atau secara dengan larutan yang mengandung kapur.
  3. Pembersihan Mendalam: Kulit kemudian dicuci dengan larutan sabun dan hangat untuk menghilangkan dan protein yang tersisa.
  4. Penyamakan: Setelah bersih, kulit siap untuk proses penyamakan, di mana kulit akan diawetkan dan diubah menjadi kulit yang bisa digunakan untuk berbagai produk.

Penting untuk dicatat bahwa setiap langkah harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan pada kulit.

Selain itu, penggunaan bahan harus dilakukan sesuai dengan standar keselamatan untuk melindungi pekerja dan .

Proses ini tidak hanya memastikan kebersihan dan kualitas kulit tapi juga mempengaruhi kekuatan, elastisitas, dan penampilan akhir produk kulit.

Dengan perawatan yang tepat, kulit dapat diubah menjadi berbagai barang berkualitas tinggi seperti jaket, tas, sepatu, dan banyak lagi.