Indonesia, sebagai yang memiliki komitmen tinggi terhadap , telah berkontribusi secara aktif dalam berbagai upaya . Berikut adalah beberapa contoh keterlibatan Indonesia dalam mewujudkan :

Peran dalam Organisasi

Indonesia telah lama menjadi anggota aktif dalam berbagai organisasi yang bertujuan untuk mempromosikan . Salah satunya adalah Perserikatan Bangsa-Bangsa (), di mana Indonesia bergabung pada 28 September 1950.

Kontribusi dalam Misi Pemeliharaan

Indonesia juga aktif terlibat dalam misi pemeliharaan di berbagai belahan . Misalnya, melalui Misi Republik Indonesia (MISIRIGA), Indonesia mengirimkan pasukan ke berbagai .

Pelopor Gerakan Non Blok

Indonesia adalah salah satu pelopor Gerakan Non Blok (GNB), sebuah organisasi yang berkomitmen untuk menjaga kemerdekaan dan kedaulatan - anggotanya dari pengaruh blok politik besar. GNB berperan penting dalam mendorong dialog dan kerjasama antar untuk mencapai .

Konferensi Afrika

Indonesia juga berperan penting dalam penyelenggaraan Konferensi Afrika (KAA) di Bandung pada April 1955. Konferensi ini bertujuan untuk antara - dan Afrika yang baru dan berjuang melawan penjajahan.

Misi Garuda

Misi Garuda adalah contoh lain dari keterlibatan aktif Indonesia dalam upaya . Kontingen Garuda, yang terdiri dari pasukan penjaga dari Indonesia, telah dikirim ke berbagai misi di seluruh .

Promosi Keragaman dan

Sebagai dengan keragaman etnis, budaya, dan yang luar biasa, Indonesia berperan penting dalam mempromosikan keragaman dan sebagai pilar . Melalui pendekatan ini, Indonesia berusaha menunjukkan bahwa perbedaan tidak harus menjadi sumber , tetapi dapat menjadi kekuatan dalam menciptakan perdamaian dan harmoni.

Dengan demikian, melalui berbagai cara, Indonesia telah berkontribusi secara signifikan dalam upaya mewujudkan perdamaian . Meskipun masih ada, komitmen Indonesia terhadap perdamaian