Kondisi domestik suatu sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk tingkat pertumbuhan , tingkat , , dan fiskal dan moneter pemerintah.

Pertumbuhan yang kuat biasanya ditandai dengan peningkatan produksi dan konsumsi barang dan jasa, peningkatan , dan peningkatan pendapatan per kapita. Namun, pertumbuhan yang terlalu cepat bisa menyebabkan , yaitu peningkatan harga barang dan jasa secara umum.

adalah kondisi di mana seseorang yang mampu dan mencari tidak dapat menemukan . Tingkat yang tinggi dapat menunjukkan bahwa sedang mengalami kesulitan.

adalah peningkatan harga barang dan jasa secara umum dan berkelanjutan. yang tinggi dapat mengurangi daya beli dan menurunkan standar hidup.

fiskal dan moneter pemerintah juga mempengaruhi kondisi domestik. fiskal melibatkan pengeluaran pemerintah dan , sementara moneter melibatkan pengendalian jumlah uang yang beredar dan tingkat .

Faktor Eksternal: Perkembangan Global

Perkembangan global juga mempengaruhi kondisi domestik. Misalnya, pertumbuhan global yang kuat dapat meningkatkan permintaan , yang dapat mendorong pertumbuhan domestik. Sebaliknya, perlambatan global dapat menurunkan permintaan , yang dapat memperlambat pertumbuhan domestik.

Selain itu, harga komoditas global, seperti minyak dan logam, dapat mempengaruhi domestik. Misalnya, peningkatan harga minyak dapat meningkatkan biaya dan , yang dapat meningkatkan .

juga dapat mempengaruhi domestik. Misalnya, penurunan domestik dapat meningkatkan harga impor dan , tetapi juga dapat meningkatkan daya saing .

Kesimpulan

Kondisi domestik dan perkembangan global saling terkait dan mempengaruhi satu sama lain. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang kedua faktor ini penting untuk memahami dan merespons dinamika .