Iklan di ponsel Android sering membuat pengguna Android tidak nyaman. Banyak pengguna mengatakan bahwa iklan Android sangat mengganggu, sehingga penggunanya harus tahu cara menghilangkan iklan di yang mudah dan anti ribet.

Sebagian besar situs dan Android bergantung pada iklan. Tak mengherankan jika iklan dan pop-up penuh dengan konten yang diupload oleh pengguna. Jika pengguna merasa terganggu, maka yang dibutuhkan adalah cara menghilangkan iklan .

Banyak search engine yang dibuat untuk memudahkan pengguna melakukan browsing di . Dengan kehadirannya, kita dapat mencari apapun yang dibutuhkan.

Kita juga bisa menggunakan perangkat yang bisa dibawa ke mana pun agar lebih mudah.. Sayangnya, salah satu dari banyak hambatan yang mengganggu aktivitas browsing adalah munculnya iklan pop up di layar perangkat yang sangat mengganggu.

Mengutip berbagai sumber, Selasa (26/9/2023), ada berbagai cara menghilangkan iklan dari ponsel kamu, mulai dari menggunakan fitur AdBlock bawaan handphone hingga tambahan. Untuk mengetahui cara menghilangkan iklan secara efektif, lihat penjelasan lengkap.

Cara Menghilangkan Iklan di

Scroll Untuk Lanjut Membaca

1. Fitur Play Protect dari Play Store

Walaupun semua Play Store dijamin aman, fitur Play Protect milik Play Store adalah cara pertama untuk menghilangkan iklan di . Ini karena membuat fitur supaya tetap aman dari iklan berbahaya yang disebabkan oleh virus dan malware. 

Cara menggunakan Play Protect untuk menghilangkan iklan di ponsel adalah sebagai berikut:

  • Tekan icon pada handphone untuk mengakses Play Store. 
  • Di pojok kanan atas tampilan foto pengguna, klik icon profil. 
  • Pilih menu Play Protect dan tekan opsi Setting di kanan atas. 
  • Pastikan toggle Scan Apps with Play Protect sudah aktif.

2. Menggunakan pengaturan security

Cara pertama untuk menghilangkan iklan di ponsel adalah dengan mengatur menu keamanan telepon. Untungnya, fitur AdBlock ada dalam pengaturan keamanan beberapa ponsel.

Di sana, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana untuk mengaktifkannya. Ada beberapa cara untuk menghilangkan iklan di telepon Anda dengan menggunakan pengaturan keamanan:

  • Untuk membuka menu Pengaturan atau Settings, pilih ikon berbentuk gear di pojok kanan atas.
  • Gulir layar ke bawah sebentar sampai menu Keamanan muncul. 
  • Klik opsi Privacy.
  • Aktivasi opsi “Jangan Izinkan Penginstallan dari Sumber yang Tak Jelas” atau “Do Not Allow Installations from Unknown Sources”.

3. Blokir iklan di layar utama

Iklan yang muncul di atau pusat notifikasi tidak sebaik iklan yang muncul di layar utama. Iklan spanduk lengkap muncul di semua berbasis Android di ponsel atau tablet. 

Android memungkinkan pengembang meminta izin untuk “Tampilkan di atas lain” agar dapat berjalan dengan baik. Izin ini diperlukan oleh seperti WhatsApp dan Messenger untuk mengidentifikasi penelepon dan menampilkan gelembung obrolan.

Namun, ada beberapa yang tidak jelas yang memanfaatkan izin pengguna untuk menampilkan iklan di layar utama. Saat menerima iklan seperti itu, cari nama di layar beranda. 

Setelah kamu berhasil menemukan tersebut, ikuti langkah-langkah berikut untuk menonaktifkan izin, yaitu:

  • Ketuk lama ikon dan buka menu “info ”.
  • Gulir ke “Tampilkan di atas lain”.
  • Nonaktifkan saklar “Izinkan tampilan di atas lain”.
  • Jika tidak membutuhkan tersebut, ada baiknya dihapus instalannya dari menu info yang sama.

4. Matikan notifikasi wallpaper di layar kunci

Cara menghilangkan iklan di yang terakhir adalah nonaktifkan notifikasi wallpaper di layar kunci. Biasanya iklan akan muncul di layar kunci dan di layar utama, sehingga perlu menonaktifkan notifikasi di layar kunci tablet atau ponsel Android.

Ikuti langkah-langkah berikut, antara lain:

  • Menu laci dapat diakses dengan menggesek ke atas dari layar beranda.
  • Tentukan “Pengaturan”.
  • Navigasi ke “ dan Notifikasi”.
  • Akses “Notifikasi”.
  • Gulir ke bawah dan klik “Notifikasi di layar kunci”.
  • Klik “Jangan tampilkan Notifikasi”.

5. Langganan

Pada umumnya, iklan pop-up biasanya merupakan salah satu sumber pemasukkan untuk pengembangan dan pengoperasian gratis. Berlangganan memungkinkan kamu untuk mendapatkan fitur premium seperti Ad Free, yang biasanya ditawarkan. 

Developer biasanya akan mengenakan biaya bulanan, tahunan, atau bahkan sistem beli-putus. Namun keuntungan yang akan kamu dapatkan salah satunya adalah bebas iklan setiap saat.

Itulah penjelasan yang mudah kamu ikuti untuk cara menghilangkan iklan di agar tidak mengganggu notifikasi lagi. Selamat mencoba.