Klenteng Sam Poo Kongmerupakan destinasi sejarah dan religi di Kota Semarang, .

Keberadaan klenteng ini memiliki nilai sejarah yang mencerminkan akulturasi budaya antara Tionghoa dan Jawa, terlihat dari desain arsitektur bangunan tersebut.

Ketika memasuki area , pengunjung dapat menjelajahi setiap bangunan dengan teliti untuk memahami secara mendalam rincian arsitektur klenteng ini.

Gaya bangunan yang menyerupai rumah joglo mencerminkan unsur budaya Jawa, sementara warna merah yang mendominasi hampir seluruh area mencerminkan pengaruh budaya Tionghoa.

Seperti yang diketahui, bagi Tionghoa, warna merah memiliki makna keberuntungan. Di samping itu juga terdapat ornamen khas seperti naga, hong, dan kura-kura yang menjadi ciri khas budaya Tionghoa.

Menurut catatan sejarah, Klenteng merupakan jejak perjalanan Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah terkenal dari .

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Pada tahun 1406, armada Cheng Ho berlabuh di pantai Simongan, Semarang, karena sang juru mudinya, Wang Jing Hong, menderita penyakit parah.

Untuk memberikan perawatan, Cheng Ho menggunakan sebuah goa batu sebagai tempat beristirahat dan pengobatan bagi Wang Jing Hong.

Sementara juru mudinya menyembuhkan diri, Cheng Ho melanjutkan perjalanannya ke Timur. Sepeninggalannya Cheng Ho, Wang Jing Hong mendirikan Patung Cheng Ho di area goa batu.

Dan sampai saat ini, tetap memandangnya sebagai dewa, meskipun Laksamana Cheng Ho menganut agama . Karena menurut penganut Konghucu atau Taoisme meyakini bahwa orang yang telah meninggal dapat memberikan bantuan.

Berlokasi di Jalan Simongan No. 129, Kota Semarang, , dengan akses yang mudah bagi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Dan jika kamu berencana untuk mengunjungi Klenteng , berikut adalah informasi mengenai harga tiket masuk dan jam operasionalnya.

Harga Tiket dan Jam Buka
Pengunjung dapat membeli tiket masuk ke melalui platform penjualan tiket online. Berikut adalah rincian harga tiket masuknya.

  • Biaya masuk untuk pengunjung domestik pada hari kerja sekitar 35 ribu .
  • Biaya masuk untuk pengunjung domestik pada akhir pekan dan hari libur sekitar 45 ribu .
  • Biaya masuk untuk pengunjung mancanegara pada hari kerja sekitar 40 ribu
  • Biaya masuk untuk pengunjung mancanegara pada akhir pekan dan hari libur sekitar 60 ribu .

Adapun jam operasional klenteng ini dimulai dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB pada hari Senin hingga Jumat.

Sementara pada pada akhir pekan, jam operasionalnya diperpanjang, dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 20:00 WIB.