jakartainside.com –

– Pendiri sekaligus ketua eksekutif Binance, , mengundurkan diri serta mengaku bersalah akibat melanggar Undang-Undang Anti Pencucian Amerika.

Binance melanggar aturan yang dimaksud juga gagal melaporkan lebih tinggi dari 100,000 kegiatan mencurigakan dengan organisasi yang mana ditetapkan Amerika Serikat sebagai kelompok termasuk , Al Qaeda, kemudian .

Kesepakatan antara Binance dan Departemen Kehakiman Negeri Paman Sam mengharuskan Zhao secara membayar US$ 50 jt kemudian Binance membayar US$ 4,3 miliar, disebut oleh sebagai salah satu hukuman terbesar di .

Namun beberapa pakar menilai kesepakatan ini justru menguntungkan Zhao, dikarenakan kekayaannya yang tersebut berbagai itu akan tetap memperlihatkan utuh. Dengan hartanya berlimpah, CZ sanggup dengan mudah kembali menguasai Binance. Apalagi, meskipun sudah ada bukanlah CEO, ia tetap memperlihatkan punya pengaruh yang dimaksud luar biasa dalam kripto yang digunakan ia dirikan pada tahun 2017 tersebut.

Kasus ini kembali menjadi pukulan bagi lapangan usaha kripto yang tengah dilanda sejumlah permasalah juga menjadi sasaran berbagai investigasi dugaan penipuan, termasuk divonis bersalahnya Sam Bankman-Fried, pendiri FTX.

Mengutip Reuters, Binance telah dilakukan berada di area bawah pengawasan Departemen Kehakiman setidaknya sejak tahun 2018. Ini adalah hanyalah salah satu dari sejumlah permasalahan yang digunakan yang dihadapi di tempat Amerika Serikat.

federal memohonkan yang dimaksud pada 2020 untuk memberikan catatan internal tentang upaya anti pencucian , sama-sama dengan yang mana melibatkan Zhao.

CFTC, otoritas pengawas perdagangan komoditas , mengajukan tuntutan perdata terhadap Binance pada Maret, menuduhnya gagal menerapkan acara anti pencucian yang efektif untuk mendeteksi serta mengurangi pendanaan .

Secara internal, karyawan Binance mengakui bahwa digital yang disebutkan memfasilitasi aktivitas yang berpotensi ilegal.

Sarang

Pada Februari 2019, Lim dari Binance menerima informasi tentang kegiatan kelompok militan Palestina gerakan dalam Binance.

Lim, individu warga Singapura, menjelaskan untuk rekannya bahwa biasanya mengirim di total kecil lantaran apabila mengirim sekaligus nominal besar sanggup terdeteksi sebagai pencucian , kata CFTC pada gugatannya pada Maret.

Daniel Silva, mitra di area firma Buchalter serta mantan federal menyatakan tuduhan yang disebutkan kemungkinan besar membantu terhadap Zhao dengan hukuman yang mana lebih tinggi berat seperti penyalahgunaan atau pencucian .

“Dia berisiko mendapat yang digunakan sangat lebih besar serius, sehingga resolusi ini sangat menguntungkannya,” kata Silva.

Meski begitu, pengakuan bersalah yang mana melibatkan ketua eksekutif sebuah jarang terjadi kemudian adanya dorongan Departemen Kehakiman pada bawah Partai Demokrat untuk mengajukan tuntutan terhadap para eksekutif.

Changpeng Zhao, Co-Founder & CEO, Binance. (Pedro Fiúza/NurPhoto via Getty Images), Co-Founder & CEO, Binance. (Pedro Fiúza/NurPhoto via Getty Images)

“Pemerintah memainkan peran penting pada kesulitan akuntabilitas individu,” kata Kit Addleman, mitra firma Haynes Boone di tempat Dallas.

Dia mencatatkan data besarnya denda memperjelas bahwa pemerintah Amerika Serikat ingin mengendalikan sektor kripto, dan juga menggambarkan besaran finansial dari kesepakatan itu sebagai hal yang mana mengejutkan.

Menurut Robert Frenchmann, ahli hukum di area bidang kejahatan finansial, Zhao mendapatkan “hasil yang digunakan cukup bagus” sebab pemerintah Amerika Serikat harus mencari untuk membuatnya masuk ke .

“Dia masih kaya raya. Kecil kemungkinan ia menghabiskan terlalu lama di area penjara . Ia masih memiliki di dalam Binance, yang pada saat ini telah dilakukan melalui permasalahan hukum terbesar yang mana pernah dia hadapi,” kata Frenchmann.

Menurut Jeffrey Cohen, ahli hukum dari Boston College Law School, kemungkinan harus menimbang antara dua hal. Pertama, ada kemungkinan CZ tidaklah akan pernah menyerahkan diri kemudian mengaku salah. Kedua, keinginan agar Binance membayar denda sebesar-besarnya.

“Angka denda untuk korporasinya cukup besar, meskipun harus membiarkan hukuman tertuduh berkurang. Ini adalah perhitungan pemerintah ,” kata Cohen.calculation,” Cohen said.

Selanjutnya Live Now! Kepala Bappebti Jawab Semua mengenai Kripto RI

Sumber CNBC

by Jakarta Inside