– Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa atau Luluk Nur Hamidah menanggapi kritik Sekjen yang menyampaikan merek lamban pada menanggapi penetapan menghadapi hasil .

Menurut Luluk, pada ini prioritas yakni untuk meluruskan konstitusi dan juga mengawal dugaan kecuraan Pemilihan Umum 2024.

“Yang paling pokok bagi kami adalah untuk meluruskan bilamana ada dugaan-dugaan yang tersebut terkait dengan kecurangan lalu itu yang tersebut sedang kami lakukan kemudian kita berharap bahwa () itu lah yang mana bermetamorfosis menjadi benteng akhir untuk menegakkan konstitusi,” kata  Luluk, pada dihubungi Tempo pada Kamis, 21 Maret 2024.

Menurut Luluk, setiap kecurangan mempunyai hak untuk dikoreksi. Setiap kandidat mempunyai hak untuk mendapatkan keadilan. Saat ini, pasangan calon (Paslon) nomor urut satu, Baswedan- () sedang menempuk jalur . Luluk menilai, ini menunjukkan kedewasaan  selaku Ketua Umum untuk menggunakan saluran konstitusi pada melakukan segenap koreksi berhadapan dengan bervariasi dugaan ketidakberesan .

“Maka kita harus menempuh langkah-langkah konstitusional yang mana terkait dengan dugaan-dugaan kecurangan dari mulai serangkaian hingga hasil akhir ini. Saya kira itu yang digunakan sedang dikakukan ,” imbuh Luluk.

Lebih lanjut, Luluk mengatakan, konstitusi juga menyediakan sarana untuk diwujudkan gugatan melawan beraneka yang dimaksud dianggap itu terjadi. 

“Lebih penting lagi disampaikan juga oleh juga Mas bahwa ini tidak sekadar kalah dan juga menang, ini bukanlah sekadar bicara kecurangan yang tersebut sifatnya kuantitatif,” kata dia.

Kemudian Luluk juga menjelaskan, fokus pada ini juga untuk mempertahankan 40 jt pendatang lebih tinggi yang dimaksud menggalang Paslon nomor urut satu.

“Apalagi pada saat 62,2 persen rakyat di surveinya Kompas juga memberikan penguatan untuk langkah-langkah pemerintah yang itu sanggup dijalankan oleh dan juga yang digunakan lain. Itu artinya, pemilihan ini nggak baik-baik aja,” ujar dia. 

Gus Ipul Diminta Fokus Urus

Dalam keterangannya, Luluk juga memohon Gus Ipul untuk fokus ke pengurusan organisasi dalam Nahdlatul (). 

“Gus Ipul sebaiknya fokus ngurus dan juga penataan kelembagaannya , saya kira lebih lanjut bagus. Sejak awal kita ini menghargai yang digunakan katanya harus netral lalu tidak ada terlibat ya ke di urusan praktis,” lanjut Luluk.

Sebelumnya, Gus Ipul mengkritisi yang mana dinilai lamban memberi respons terhadap hasil Pemilihan Umum 2024 yang sudah pernah ditetapkan . Ia membandingkan dengan Ketua Umum Partai yang digunakan dengan segera menyatakan menerima hasil .

Terkait dengan , Luluk yakin, nantinya akan ada yang dimaksud diambil. Namun, pada ini pihaknya masih akan fokus untuk memproses pelaporan dugaan kecurangan di .

ini disadur dari Disebut Lamban Respons Hasil Pilpres, PKB: Setiap Ada Kecurangan Punya Hak untuk Dikoreksi