Oleh : Yanuar Catur Pamungkas (Praktisi dan Digital)

JakartaInsideCom – Industri mengalami transformasi besar akibat . Era penjualan kaset dan CD kini telah digantikan oleh platform streaming digital, memicu model yang signifikan dan merombak cara dan manajemen band.

Pergeseran Model :

Dahulu, pendapatan industri bersumber dari penjualan fisik , seperti kaset dan CD. memegang kendali atas distribusi dan pemasaran, dan musisi mendapatkan keuntungan dari penjualan album.

Namun, kemunculan platform streaming seperti Spotify dan mengubah segalanya. Pendapatan kini didominasi oleh model langganan, di mana pengguna membayar biaya bulanan untuk akses tak terbatas ke pustaka yang luas. Hal ini menyebabkan penurunan drastis dalam penjualan fisik .

Dampak pada dan Manajemen Band:

terdampak pada perannya, Kini tidak lagi mengandalkan penjualan kaset fisik untuk keuntungan. Peran mereka kini beralih pada bagaimana menemukan bakat baru yang disukai pasar serta basis penggemar, dan menegosiasikan kesepakatan dengan platform streaming.

Manajemen Band dulunya adalah unit yang terpisah dengan dia hanya fokus mengatur jadwal dan membuat kesepakatan dengan pihak maupun pihak komersial lainnya. Namun di era digital ini manajemen band juga bisa mengambil peran dengan keterlibatannya pada digitalisasi band. Manajemen band kini bisa memotong jalur ke pasar dengan lebih aktif menggunakan media sosial dan lainnya untuk citra band dan menjangkau penggemar.

    Tantangan dan Peluang:

    datang tidak hanya dengan membawa kerusakan pada model lama namun ia juga selalu menghadirkan peluang baru yang tak pernah ada sebelumnya. inilah yang harus banyak dipelajari oleh para maupun manajemen agar produk mereka tetap relevan di era .

    Tantangan yang utama tentu saja mengkonversi sumber revenue mereka dulu yang didapat dari penjualan kaset fisik, kini mereka harus terdorong untuk mencari sumber pendapatan baru seperti merchandise, tur, dan sponsorship atau endorsement di berbagai channel digital yang mereka bangun. Selain itu pun para pelaku industri ini harus terus berfikir keras strategi monetisasi baru lainnya yang belum terfikirkan oleh pemain lama di industri ini karena sejatinya industri digital ini masih terlalu luas daripada sekedar audiens daring semata.

      telah mengubah lanskap hampir pada semua industri tak terkecuali industri secara fundamental. Model baru dan menghadirkan tantangan dan peluang bagi musisi, , dan manajemen band. Mereka yang mampu beradaptasi dan merangkul akan memiliki peluang terbaik untuk berkembang di era digital ini.