– Calon perwakilan (cawapres) Raka menanggapi pernyataan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Tanah Air Perjuangan () Kristiyanto yang digunakan menyinggung tahapan pencalonannya pada 2024. Gibran mengaku sudah menyampaikan niatnya itu secara baik-baik untuk jajaran pimpinan pada hendak maju sebagai kontestan tersebut. 

“Ya kami kan baik-baik pamitnya?” jawab Gibran ketika ditemui dalam Balai Pusat Kota Solo, , Selasa, 2 April 2024. 

Ia juga tidaklah merespons pada dimintai tanggapan berhadapan dengan pernyataan yang dimaksud menyebutnya pernah berbohong terhadap dan juga Ketua Umum lantaran pernah menyatakan tak akan progresif sebagai cawapres ke event 2024. 

“Ya itu tanggapan saya,” ucap dia. 

Dia menegaskan lagi bahwa pada pencalonannya sebagai capres Subianto, dirinya juga sudah berpamitan secara baik-baik dengan . “Kan sudah ada pamit baik-baik?” ungkapnya. 

Menurut Gibran, pernyataan itu juga telah disampaikannya sejak tahun lalu. “Dari tahun kemudian kan sudah ada saya statement seperti itu, ya,” katanya kemudian kembali memasuki ruang kerjanya di Balai Pusat Kota Solo itu. 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kristiyanto membicarakan proses pencalonan putra Joko Widodo, yaitu Raka, berubah menjadi calon perwakilan partisipan 2024. mengklaim Gibran pernah berbohong untuk dirinya dan juga Ketua Umum dengan mengemukakan bukan akan forward di dalam kali ini.

Menurut , dirinya sempat bertanya terhadap Gibran pada 2 Mei 2024 tentang kemungkinan progresif sebagai kandidat. Gibran, kata , ketika itu menyatakan tidak.

“Tidak akan berproses ke sana dikarenakan lahir lalu dibesarkan ke serta kemudian ‘tahu bahwa Bapak (Jokowi) tahun depan akan habis kalau saya tiada berlabuh ke saya ke mana lagi?'” kata menirukan pernyataan Gibran ke Menteng, DKI Pusat pada Senin, 1 April 2024.

mengatakan hal itu adalah kebohongan. Pasalnya, mengklaim partainya tahu ke kemudian hari bahwa keluarga Jokowi sudah ada memutuskan pencalonan Gibran ketika itu. “Berdasarkan dokumen yang dimaksud kami kumpulkan, keterangan-keterangan yang dimaksud kami kumpulkan, ternyata pada akhir April keluarga Pak Jokowi sudah ada memutuskan bahwa Mas Gibran akan berubah menjadi calon duta ,” ucap .

Selain itu, menyampaikan bahwa Gibran juga sempat membantah ketika ditanya hal yang identik oleh Megawati. Menurut , Megawati menanyakan perkara itu ketika rapat konsolidasi seluruh area dari pada bulan Agustus.

berujar pertanyaan itu dijawab Gibran ke hadapan seluruh kepala wilayah bahwa beliau tidak ada akan maju bermetamorfosis menjadi calon perwakilan . itu, kata , mempengaruhi strategi ke di menghadapi kontestasi .

SEPTHIA RYANTHIE/SULTAN ABDURRAHMAN

Artikel ini disadur dari Gibran Tanggapi Hasto soal Berbohong ke Megawati Tak Akan Maju Cawapres: Kan Sudah Pamit Baik-baik