JakartaInside.com pernah menjadi primadona di . Walaupun pada saat ini, pangsa nya tergerus oleh pangsa skuter matic tetapi masih ada peminat nya lho!

Hal ini dapat dilihat dari data AISI yang menunjukan penjualan sebanyak 5,2 persen pada tahun kemarin.

Dibalik pangsa pasar yang menurun, ternyata mempunyai kelebihan dan kelemahan dibandingkan jenis sepeda lain. Berikut penjelasan nya!

Kelebihan

Berikut adalah kelebihan kelebihan yang dimiliki oleh dibandingkan dengan skuter matic dan .

Salah satu kelebihan dari motoSalah satu kelebihan dari ialah perawatan transmisi yang minim.

Hal ini karena transmisi nya sama seperti manual tetapi mempunyai 2 kopling (kopling sentrifugal dan kopling manual).

Ini berbeda dengan skuter matic yang memerlukan perawatan ekstra karena transmisi CVT.

Selain itu transmisi pada memudahkan pengendara untuk melakukan engine brake, berbeda dengan skuter matic yang perlu menjaga RPM untuk melakukan engine brake.

Tidak hanya pada transmisi, juga mempunyai kelebihan pada bagian kaki kaki nya. Umum nya, memakai suspensi berjenis dual shockbreaker sehingga mempunyai handling yang baik dan juga kemampuan membawa beban berat.

Selain itu, mempunyai diameter velg yang lumayan besar yaitu 17 inci. Hal ini menyebabkan mempunyai kemampuan off road yang lebih baik dibandingkan dengan skuter matic.

  • Kopling Semi Otomatis

Kemudian, karena ada nya kopling sentrifugal menyebabkan penggunaan lebih mudah dibandingkan sepeda yang memakai transmisi manual. Ini menyebabkan pengguna tidak perlu menarik handle kopling untuk mengoperasikan nya.

  • Mempunyai Bagasi Untuk Membawa Barang

Lalu, juga mempunyai bagasi yang memudahkan pengguna untuk membawa barang. Ini merupakan sebuah kelebihan jika dibandingkan dengan yang tidak mempunyai bagasi.

Kekurangan

Berikut adalah kekurangan yang dimiliki oleh .

  • Tidak Mempunyai Dek Depan

Salah satu kekurangan adalah tidak ada nya dek depan yang dapat dimanfaatkan untuk membawa barang seperti galon ataupun . Berbeda dengan skuter matic yang mempunyai dek rata di depan yang memudahkan pengguna untuk membawa barang.

  • Kurang Praktis

Kemudian, dinilai kurang praktis apabila dibandingkan dengan skuter matic yang di mana pengguna nya hanya mengoperasikan handle rem dan selongsong untuk mengoperasikan nya.