– Pemilihan Pengurus atau Timur akan dilakukan bersamaan dengan pemilihan Serentak pada November mendatang. Meskipun masih lama, banyak tokoh diprediksi akan datang terlibat pada persaingan ketat pemilihan Pemimpin wilayah Timur untuk periode 2024-2029.

Merujuk hasil survei Top of Mind akan calon Pemimpin wilayah dalam pemilihan Jatim 2024 yang mana dilakukan lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesi (ARCI), berikut enam tokoh yang digunakan masuk pada bursa calon Pemuka Timur.

1.

Elektabilitas petahana mencapai 41,5 persen. Khofifah menjadi nama terkuat, khususnya dari segi top of mind masyarakat, elektabilitas, popularitas maupun kesukaan warga Timur.

Khofifah juga menegaskan bahwa dirinya berazam untuk melanjutkan perkembangan Jatim jilid dua. Sebab, masih ada sejumlah hal yang digunakan harus diselesaikan juga dilanjutkan untuk memajukan juga mensejahterakan penduduk Timur. Karena itu, beliau menyatakan semakin mantap untuk progresif kembali di kontestasi Pemilihan Jatim 2024.

“Insyaallah kami siap untuk melanjutkan Jatim Cettar jilid-2,” ucap Khofifah, Senin, 1 2024.

2.

Elektabilitas calon perwakilan presiden nomor urut satu, , berada dalam urutan kedua, yakni 17,2 persen. Abdullah atau yang mana tambahan dikenal sebagai Cak Imin adalah Ketua Umum PKB.

3. Rismaharini

Selanjutnya ada nama Rismaharini dengan elektabilitas 11,3 persen. Rismaharini atau karib disapa Risma merupakan Menteri Sosial kemudian eks Wali Perkotaan Surabaya dua periode. Perempuan kelahiran 20 November 1961 ini masuk Kabinet Maju sejak 23 2020. 

Risma adalah wanita pertama yang digunakan bermetamorfosis menjadi pemimpin Perkotaan Pahlawan. Tak hanya saja itu, ia juga tercatat sebagai wanita pertama yang dimaksud dipilih dengan segera menjadi wali melalui pemilihan sepanjang sejarah demokrasi Air ke era reformasi. Dia juga merupakan tempat perempuan pertama dalam Indonesi yang dimaksud berulang kali masuk pada daftar pemimpin terbaik .

4. Anwar Sadad

Hasil survei Accurate Research and Consulting Nusantara menempatkan nama Anwar Sadad ke sikap keempat dengan elektabilitas 10,5 persen. Ketua Jatim ini sebelumnya juga mengaku siap ramaikan bursa Jatim 2024.

“Kalau orang ketua partai di tingkat provinsi terus ia nggak mau jadi calon area (), ya ngapain jadi ketua partai. Ini adalah adalah konsekuensi urusan juga harus siap,” kata Anwar Sadad dalam Surabaya, Kamis 30 2021, disitir dari dprd.jatimprov.go.id.

5. Muhammad Sarmuji

Selanjutnya ada Ketua Golkar Jatim sekaligus Wakil Ketua Komisi VI RI, M Sarmuji, dengan elektabilitas 8,2 persen. kelahiran Surabaya, 10 Juni 1974, ini moncer pada 2014. Dirinya berhasil melenggang dalam senayan periode 2014-2019 dari Partai Golongan Karya. Sarmuji terpilih berubah menjadi RI pada pemilihan 2014 dari tempat pemilihan Timur VI yang dimaksud meliputi Perkotaan Blitar, Wilayah Blitar, Perkotaan Kediri, Kediri, Wilayah dan juga Kota Tulungagung dengan meraih kata-kata berjumlah 57.586 .

6. Achmad Fauzi Wongsojudo

Bupati Sumenep Achmad Fauzi masuk bursa pada Jatim 2024. Dalam survei ARCI bursa Cagub Jatim, nama Ahmad Fauzi dalam nomor 8,1 persen. yang akrab disapa Cak Fauzi ini lahir dan juga besar di Sumenep, Madura, pada 21 Mei 1979. Sebelum terjun ke bola , Cak Fauzi sempat mencecap jurnalistik dan juga berubah menjadi pebisnis.

MELINDA KUSUMA NINGRUM  | HANAA SEPTIANA | ANANDA BINTANG PURWARAMDHONA | ANDRY TRIYANTO TJITRA | HENDRIK KHOIRUL MUHID | ANTARA | RI | DPRD JATIM

Jatim 2024, PKB Akan Prioritaskan Kader Internal

Artikel ini disadur dari Inilah 6 Tokoh yang Masuk Bursa Calon Gubernur Jawa Timur 2024