-UU No. 2 Tahun 2024 Tentang Khusus telah disahkan oleh RI, pasca pengesahan tersebut maka dapat dikatakan status sebagai Negara sudah berganti ke Nusantara. Proses perubahan ini tentu saja membawa dampak bagi   baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk mengawal dan mengarahkan perubahan perlu kualitas pemimpin yang mumpuni. Proses Pemilihan pemimpin di akan dilakukan melalui proses pilkada langsung yang akan di gelar pada november 2024.

Menurut Ardi Purnawan Sani yang menjabat sebagai Ketua Pusat, yang di temui pada Kamis (16/5/24) menyatakan bahwa  ada 2 hal yang diperlukan oleh pemimpin ke depan. Pertama  sosok yang mampu mengawal transformasi, perubahan dari Ibu negara menuju identitas baru nya sebagai sebuah . Selain itu harus ada inovasi dan kreatifitas dari nya untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan di , seperti Kemiskinan, , Banjir dan sebagainya.

Lebih lanjut pria yang menyelesaikan studi magister di ini  menambahkan, Selama ini pemimpin hanya sibuk menata halaman depan saja. Seperti Jalan Thamrin-Sudirman, kawasan strategis nasional yang ada di dan Proyek yang bisa dinilai belum menyelesaikan persoalan yang ada di . Kita perlu menyelesaikan persoalan yang ada di halaman belakang. Sebagai kawasan Tanah Tinggi, adalah kawasan yang dekat dengan tetapi mayoritas warganya tinggal di perkampungan yang kumuh.

Kedua,  Menurut Ardi, perlu pemimpin yang mampu selaras dengan . Mengingat salah satu pekerjaan yang harus diselesasikan adalah koordinasi antar kepala di wilayah aglomerasi sekitar meliputi Tangerang, , Kabupaten Tangerang, , Kabupaten , ,Kabupaten , Depok dan Kabupaten . Sembilan disekitar ini akan dikoordinasikan kebijakannya dibawah kendali Wakil . Apabila para kepala yang berada di wilayah aglomerasi tidak selaras dengan pihak maka akan menghambat dan dirugikan

Ardi Purnawan Sani/Foto : Suarajakarta.co