1 Suro dianggap oleh sebagian sebagai yang khusus dan istimewa karena memiliki daya sakral yang tinggi.

Oleh karena itu, mereka percaya bahwa dengan tetap terjaga dan tidak tidur, mereka akan mendapatkan berkah dan keberuntungan.

Beberapa dan pantangan yang terkait dengan 1 Suro antara lain:

  1. Keluar di Hari: mempercayai bahwa pada 1 Suro lebih baik berdiam diri di , terutama saat hari. Bila dilanggar, dipercaya akan mendatangkan kesialan atau hal negatif.
  2. Tidak Boleh Mengadakan Pesta atau Hajatan: Menggelar acara pesta pernikahan, sunatan, dan lainnya di 1 Suro dipercayai pamali dan hanya akan mendatangkan bencana. Meskipun dalam sebenarnya tidak ada aturan mengenai yang tepat untuk menikah dan tidak ada menikah di tertentu termasuk Muharram.
  3. Tidak Boleh Berbicara atau Berisik: Di Keraton , ada ritual mubeng benteng dan tapa bisu atau tidak berbicara pada saat 1 Suro.
  4. Dilarang Berkata Kasar atau Buruk: Berkata kasar dan berbicara hal buruk saat 1 Suro dipercaya akan menjadi kenyataan.  ini juga dikaitkan dengan kepercayaan orang tentang makhluk gaib yang keluar dan mencari yang bertindak lalai dan tidak waspada.
  5. Dilarang Pindahan atau : Tidak disarankan untuk melakukan pindahan atau pada 1 Suro karena dipercayai akan mendatangkan kesialan.

Selain , ada juga tradisi yang dilakukan pada 1 Suro, seperti Jenang Suran, yang merupakan bentuk rasa syukur atas kemudahan menjalani hidup selama satu tahun penuh.