Perut yang terasa seperti ditusuk-tusuk bisa sangat mengganggu dan tidak nyaman. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

  1. Batu Ginjal: Rasa nyeri di bagian bawah perut yang terasa seperti pisau yang menyerang perut bagian bawah ke arah belakang bisa menjadi tanda batu ginjal. Gejala lainnya termasuk mual, muntah, demam, dan kedinginan.
  2. Radang Usus Buntu: Peradangan pada usus buntu biasanya menyebabkan rasa di bagian kanan bawah perut, disertai mual, muntah, dan kembung.
  3. Batu Empedu: Batu empedu yang memblokir saluran di kantong empedu dapat menyebabkan rasa hebat di perut. Gejala lainnya termasuk berkeringat, muntah, demam, dan warna kekuningan pada kulit atau mata.
  4. Kista Ovarium: Kista ovarium yang membesar dapat menyebabkan rasa di perut bawah, terutama pada sisi tubuh di mana kista berada. Kembung dan tekanan juga bisa terjadi.
  5. Sindrom Iritasi Usus Besar (IBS): Kondisi ini menyebabkan nyeri ringan atau berat sebelum buang besar. Gejalanya meliputi diare, sembelit, dan kembung.
  6. Infeksi Saluran Kemih (ISK): Infeksi pada kandung kemih atau bagian lain dari saluran kemih juga bisa menyebabkan nyeri perut.

Ingat, jika kamu mengalami gejala yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan untuk diagnosis dan perawatan yang tepat. Semoga sehat selalu!