Dalam dunia , merupakan indikator penting yang mencerminkan kekuatan sebuah .

, sebagai , tidak terlepas dari fluktuasi ini. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pelemahan yaitu:

Faktor Eksternal:

  1. Kekuatan Dolar : Dolar () yang menguat secara umum dapat menyebabkan lain termasuk melemah. Karena dolar adalah cadangan dunia, moneter di seperti kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve dapat mempengaruhi .
  2. Harga Komoditas:  sebagai eksportir komoditas, sangat dipengaruhi oleh harga komoditas . Jika harga komoditas turun, pendapatan berkurang, yang dapat melemahkan .
  3. Sentimen Pasar : Krisis atau ketidakstabilan geopolitik dapat memicu aliran modal keluar dari pasar berkembang dan mengarah ke dengan risiko lebih rendah, yang berdampak pada pelemahan .

Faktor Internal:

  1. Defisit Transaksi Berjalan: Jika impor barang dan jasa lebih besar daripada ekspor, akan terjadi defisit yang harus dibiayai melalui utang atau asing, yang dapat menekan nilai .
  2. Inflasi: Tingkat inflasi yang tinggi dapat mengurangi daya beli dan menurunkan kepercayaan terhadap domestik.
  3. Moneter:  dalam menetapkan suku bunga juga mempengaruhi . Suku bunga yang rendah bisa membuat kurang menarik bagi asing.

Kesimpulan

 Pelemahan adalah hasil dari kombinasi faktor eksternal dan internal. Pemerintah dan harus bekerja sama untuk mengatasi ini dengan yang tepat guna menjaga stabilitas makroekonomi dan kepercayaan .