“Memang kalau kita lihat teman-teman bisa saja perhatikan selama tahapan rekapitulasi yang berlangsung pada tingkat memang sebenarnya ada beberapa provinsi yang mana kemudian alot,”

Jakarta – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengutarakan bahwa proses rekapitulasi penghitungan pendapat yang digunakan berjalan alot pada tingkat provinsi justru akan memudahkan serangkaian rekapitulasi di dalam tingkat .

"Memang kalau kita lihat teman-teman mampu perhatikan selama langkah-langkah rekapitulasi yang mana berlangsung di tingkat memang benar ada beberapa provinsi yang tersebut kemudian alot," ujar Mellaz di dalam , Jakarta, Sabtu.

"Tapi begitu dibawa ke nasionalnya kan selesai," sambungnya.

Ia pun menjelaskan rekapitulasi berjenjang dapat menyelesaikan permasalahan dari bawah. Oleh oleh sebab itu itu, apabila ada permasalahan ketika rute rekapitulasi pada tingkat provinsi, maka penyebabnya berada pada kabupaten/.

"Nah kalau itu misalnya berlangsung alot tapi kemudian sewaktu dibawa ke RI semuanya sudah ada lebih besar mudah, begitu," jelas Mellaz.

pemilihan 2024 meliputi pemilihan lalu , anggota RI, anggota , anggota DPRD provinsi, dan juga anggota DPRD kabupaten/ dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat sebanyak 204.807.222 pemilih.

Untuk pemilihan lalu perwakilan , dihadiri oleh tiga pasangan yakni - nomor urut 1, - Rakabuming Raka nomor urut 2, lalu - nomor urut 3.

Kemudian pada pemilihan umum legislatif dihadiri oleh 18 partai urusan yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (), , PDI Perjuangan, , Partai , Partai , lalu Partai Gelora .

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat (), Partai Bintang (), , Partai Indonesi (), Partai , Partai (), dan juga Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai kebijakan pemerintah sebagai kontestan yakni Partai Nanggroe , Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan juga Taqwa, Partai Darul , Partai , Partai Adil Sejahtera , kemudian Partai Soliditas Independen Rakyat .

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi pengumuman pemilihan raya 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai 20 Maret 2024.

ini disadur dari KPU: rekapitulasi provinsi alot memudahkan tingkat nasional