Magister S2 Universitas Budi Luhur memiliki fasilitas yang memudahkan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan. Salah satunya ialah fasilitas yang tersedia dalam penyusunan tugas akhir bagi lulusannya berupa nontesis, selain tesis yang selama ini berjalan. 

“Tugas akhir yang bukan berbentuk tesis menyesuaikan panduan pengerjaan yang tersedia pada laman website Pascasarjana Budi Luhur. Nontesis berupa penulisan makalah dalam menjelaskan kegiatan proyek yang dijalankan dengan mempresentasikan dan melaksanakan proyek tersebut. Namun hasil kegiatan dapat terbit ataupun tidak diterbitkan. Tipe tugas akhir nontesis berupa project (sesuai konsentrasi), seminar, atau konferensi , publikasi jurnal bereputasi, , dan ajar,” ujar Magister , Dr Umaimah Wahid.

Di sisi lain, tesis berupa tulis ilmiah serta harus mencerminkan suatu hasil pekerjaan yang terpadu. Bukan hanya sekumpulan yang telah dipublikasikan, tesis juga mencerminkan penalaran ilmiah dari mahasiswa magister. 

Tesis adalah hasil akhir atau bentuk tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa di bawah pengawasan dosen pembimbing. Penulisan tesis harus didukung sepenuhnya oleh literature review, sumber-sumber pengamatan, penjelasan, pemahaman, , dan kritik. 

Menurut Umaimah, tesis dan nontesis dihadirkan untuk memberikan kemudahanan bagi para lulusan Magister . nontesis hadir untuk memberikan fleksibilitas dan keluasan pemahaman yang paling besar. ini dimulai sejak mahasiswa masuk dan sudah dapat disusun proposalnya ketika semester 1. Proyek dalam penyusunan tugas nontesis diharapkan dapat menghasilkan pengembangan yang mendukung perusahan, lembaga, dan atau .

Dekan Fakultas & Desain , Dr Rocky Prasetyo Jati, menambahkan jalur penyelesaian magister dengan nontesis merupakan dan fleksibilitas yang menarik bagi mahasiswa S2 . “Langkah ini memungkinkan eksplorasi praktis dalam . Dengan fokus pada proyek praktis dan publikasi ilmiah, ini memperluas wawasan dan mendukung pengembangan industri. Mahasiswa dapat berkontribusi secara langsung pada industri dan . Hal ini juga menunjukkan komitmen FKDK dalam mendukung mahasiswa dan dosen. FKDK menciptakan lulusan yang siap untuk bersaing dalam profesional dengan keterampilan yang relevan dan ,” paparnya. 

Rocky menyampaikan langkah menghadirkan tesis dan nontesis merupakan bagian dari komitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan memberikan berbagai opsi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mahasiswa serta sebagai bentuk dalam menjawab dinamika kebutuhan dan memperluas cakupan pilihan bagi para lulusannya. 

“Kami percaya bahwa dalam ialah kunci mempersiapkan mahasiswa menjadi profesional yang siap dan untuk menghadapi nyata. Dengan menghadirkan tesis dan nontesis. Kami memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman mendalam dalam bidang sesuai minat mahasiswa,” pungkas Umaimah. (RO/Z-2)