adalah tiga hari yang mengikuti Hari Raya , yaitu tanggal 11, 12, dan 13 dalam kalender . Pada hari-hari ini, umat dilarang untuk berpuasa.

ini didasarkan pada hadits Muhammad SAW, yang menyatakan bahwa hari- adalah hari-hari untuk , minum, dan mengingat Allah.

Alasan berpuasa pada terkait erat dengan esensi itu sendiri, yaitu sebagai hari raya dimana umat yang mampu diwajibkan untuk berkurban.

Berkurban merupakan simbol dari pengorbanan Ibrahim yang rela mengorbankan putranya atas perintah Allah, sebelum kemudian digantikan dengan seekor domba.

dimaksudkan sebagai untuk menikmati hasil dari tersebut.

dibagikan kepada yang membutuhkan, termasuk kepada , tetangga, dan sekitar.

Dengan demikian, hari-hari ini menjadi momen kebersamaan dan berbagi kebahagiaan dengan sesama.

Selain itu, berpuasa juga merupakan bentuk rahmat dan kemudahan dari kepada umat-Nya.

Setelah menjalankan dan prosesi yang membutuhkan banyak dan usaha, umat diberikan untuk beristirahat dan mengembalikan kekuatan fisik mereka.

Dalam yang lebih luas, juga mengajarkan tentang pentingnya antara ritual dengan sosial dan kemanusiaan dalam .

tidak hanya sekedar ritual yang terputus dari sehari-hari, tetapi juga harus diintegrasikan dengan nilai-nilai sosial seperti kepedulian dan kedermawanan.

Kesimpulannya, berpuasa pada adalah bagian dari dan ajaran yang mendalam.

Ini bukan hanya tentang aturan semata, tetapi juga tentang bagaimana nilai-nilai dapat diwujudkan dalam tindakan nyata yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.