JakartaInsideCom – Kerontokan adalah yang sering dikeluhkan banyak orang. Kondisi ini tidak hanya mengganggu penampilan tetapi juga bisa menjadi indikator adanya . Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan secara parah:

  1. Faktor Genetik: Keturunan seringkali menjadi penyebab utama kerontokan . Jika Anda mengalami kerontokan , kemungkinan besar Anda juga akan mengalaminya.
  2. Ketidakseimbangan Hormon: hormon, seperti yang terjadi selama kehamilan, menopause, atau akibat penggunaan pil KB, dapat menyebabkan .
  3. : fisik maupun psikologis dapat memicu kerontokan . berat bisa menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai telogen effluvium, di mana masuk ke fase istirahat dan akhirnya rontok.
  4. yang Tidak Seimbang: Kekurangan nutrisi penting seperti protein, zat besi, dan vitamin B12 dapat menyebabkan .
  5. Penggunaan Produk yang Keras: Shampoo, kondisioner, atau produk styling yang mengandung bahan kimia keras dapat merusak dan kulit .
  6. Pengobatan dan Terapi Medis: Beberapa jenis -obatan, seperti kemoterapi, antidepresan, dan hormonal, dapat menyebabkan kerontokan sebagai efek samping.
  7. Kondisi Medis: tertentu seperti alopecia areata, tiroid, dan infeksi di kulit dapat menyebabkan .
  8. Perawatan yang Salah: Mengikat terlalu ketat, terlalu sering mencatok atau blow , dan sering mengganti warna dapat menyebabkan menjadi rapuh dan rontok.
  9. Faktor : udara dan paparan sinar UV berlebihan juga dapat merusak dan menyebabkan kerontokan.
  10. Kebiasaan Buruk: Kebiasaan seperti merokok juga dapat mempengaruhi dan menyebabkan kerontokan.

Untuk mengatasi kerontokan , penting untuk mengidentifikasi penyebab spesifik dan mengambil langkah-langkah yang sesuai. Ini mungkin termasuk mengubah , mengurangi , menghindari produk yang keras, dan berkonsultasi dengan untuk yang mendasari. Dengan perawatan yang tepat dan , kerontokan dapat dikurangi secara signifikan.