JakartaInsideCom – Saat -cawapres yang dilaksanakan malam tadi, Capres nomor urut 01, Baswedan mengatakan persoalan pelayanan menjadi salah satu persoalan yang terus berukang.

Baswedan lalu mengungkapkan keberhasilannya dalam memimpin dengan membuat aplikasi Kini () khusus untuk pelayanan kelompok rentan seperti lansia, , ibu hamil dan kelompok disabilitas.

Menurut Baswedan, di dalam aplikasi dibuat transparan. Sehingga masyarakat yang melapor terkait pelayanan dapat mengukurnya.

Apa itu aplikasi pelayanan yang dibanggakan Baswedan?

Pemerintah Provinsi DKI memperkenalkan aplikasi pada Town Hall Meeting, 27 September 2019 lalu.

Aplikasi dikembangkan melalui Badan Layanan Umum Daerah Smart City yang diproyeksi menjadi city-super apps sekaligus one-stop service untuk warga yang hidup maupun beraktivitas di .

lantas akan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari warga dan mengintegrasikan seluruh layanan masyarakat di .

Diketahui, aplikasi dapat memantau lebih dari 4.000 titik lokasi Wi-Fi gratis yang telah disediakan oleh .

Selain itu, saat pandemi Covid-19 lalu, aplikasi menyediakan berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan warga , seperti JakCLM untuk memeriksa mandiri gejala Covid-19 dengan memanfaatkan machine learning, JakCorona yakni pusat informasi kasus corona di , hingga JakLapor untuk melaporkan permasalahan kota seperti pelanggaran PSBB.

Fitur utama aplikasi .

Aplikasi juga menyediakan sembilan fitur utama, yakni sebagai berikut:

  1. JakLapor

JakLapor merupakan fitur untuk melaporkan permasalahan berbasis geotagging. Warga bisa melaporkan permasalahan yang ditemukan dengan foto, deskripsikan, dan kirim.

Seluruh laporan yang dibuat dengan JakLapor akan diproses melalui sistem Cepat Respon Masyarakat (CRM) untuk ditindaklanjuti oleh petugas .

  1. JakPangan

JakPangan adalah fitur untuk mencari tahu harga komoditas pangan di setiap harinya dan fitur yang dapat menemukan lokasi Pasar Jaya terdekat.

  1. JakPantau

JakPantau merupakan fitur yang memudahkan warga dalam mengakses informasi terkait banjir dan genangan di yang diperbarui setiap jam dan dimonitor secara realtime.

Data yang bisa ditemukan di JakPantau di antaranya adalah data Pintu Air, Pos Pengamatan, Pompa Air, dan Info Banjir berupa titik laporan banjir dari warga melalui JakLapor.

  1. JakSiaga

JakSiaga merupakan salah satu fitur pada aplikasi untuk mengakses nomor-nomor penting di saat sedang dalam keadaan darurat.

  1. JakISPU

JakISPU merupakan fitu yang menyajikan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) dan terintegrasi dengan sensor udara milik Dinas Lingkungan Hidup secara real-time.

adalah Fitur yang menyajikan layanan informasi terkait transportasi umum di .

Warga dapat melihat jadwal operasional maupun rute apa saja yang dilewati dari transportasi umum di , mulai dari , LRT, dan Mikrotrans.

  1. JakPeta

JakPeta merupakan fitur yang mempermudah warga untuk menjelajah kuliner dan tempat di dengan sekali sentuhan.

  1. JakPenda

JakPenda adalah fitur bersama Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) yang mempermudah warga untuk mengakses layanan perpajakan dan mempermudah warga dalam menunaikan kewajiban membayar pajak.

  1. JakWifi

JakWifi merupakan Pemerintah Provinsi DKI dalam mendukung konektivitas dan produktivitas masyarakat dengan menyediakan akses internet gratis di ribuan titik di seluruh penjuru Ibu Kota.

Warga dapat mengunduh aplikasi di Google Play (Andorid) dan App Store (iOS).