(United Nations High Commissioner for Refugees) telah lama berperan penting di dalam menangani dan pencari suaka. Berikut adalah singkat di :

Awal Kehadiran di

  1. Tahun 1958: memulai operasinya di setelah Perdana saat itu, Ali Sastroamidjojo, mengumumkan bahwa siap menerima .
  2. Vietnam: Pada tahun 1979, mulai menerima dari Vietnam sebagai bagian dari gelombang dari Asia Tenggara.

Peran dan Kontribusi

  1. Penanganan : telah bekerja sama dengan pemerintah dalam menangani dan pencari suaka dari berbagai negara, seperti Vietnam, Timor Timur, Myanmar, Afghanistan, dan lainnya.
  2. Pembentukan Kebijakan: juga telah membantu dalam membentuk kebijakan dan regulasi terkait di .
  3. Bantuan dan Perlindungan: Memberikan bantuan kemanusiaan, perlindungan, serta akses ke dasar seperti , , dan tempat tinggal bagi di .

dan Terkini

  1. Peningkatan Jumlah : Terjadi peningkatan jumlah dan pencari suaka di dalam beberapa tahun terakhir, termasuk dari Afghanistan, Myanmar, dan beberapa negara lainnya.
  2. Pandemi COVID-19: Pandemi ini juga memperumit situasi , menghadirkan baru terkait akses ke dan kebutuhan dasar.

Upaya Saat Ini

terus berkolaborasi dengan pemerintah , lembaga internasional, LSM, dan pemangku kepentingan lainnya untuk memberikan bantuan serta perlindungan kepada dan pencari suaka. Fokusnya tidak hanya pada pemenuhan kebutuhan dasar, tetapi juga pada jangka panjang bagi , termasuk melalui program integrasi lokal dan resolusi konflik.

Sebagai bagian dari , tetap berkomitmen untuk memberikan perlindungan dan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, termasuk di , sambil bekerja sama dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lokal untuk mencari yang berkelanjutan bagi dan pencari suaka.