Karna sekarang hari ini adalah Hari Lahir . Yuk kita bahas tentang serta nya.

Setiap tanggal 1 Juni, Indonesia memperingati Hari Lahir PancasilaHari ini menjadi tonggak penting dalam sejarah bangsa Indonesia, sebagai pengingat atas perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara.

: Dasar Republik

adalah dasar Republik sekaligus bangsa. Istilah terdiri dari dua kata yang berasal dari Sanskerta, “Panca” yang berarti “lima” dan “Sila” yang bermakna “prinsip” atau “asas”. Maka, bisa dimaknai sebagai lima rumusan dan pedoman dalam berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat .

Hari Lahir

Hari Lahir diperingati setiap tanggal sebagai hari lahirnya , yang dicetuskan dalam pidato oleh pada sidang kedua Badan Penyelidik Usaha Persiapan (BPUPKI) pada 1945. Dalam pidatonya, mengemukakan lima prinsip yang merupakan pandangan hidup dan dasar , yaitu:

  1. Internasionalisme, atau peri-kemanusiaan
  2. Mufakat, atau demokrasi
  3. Kesejahteraan sosial
  4. yang berkebudayaan

juga menawarkan bahwa bila dikehendaki hanya tiga maka menjadi socio-nationalism, socio-democratie, dan . Apabila dikehendaki hanya satu saja maka menjadi gotong-royong.

Peringatan Hari Lahir

Peringatan Hari Lahir setiap tanggal merupakan momentum untuk menghargai perjuangan para tokoh dalam merancang dasar , . Momentum ini menjadi hari libur .

Dengan demikian, setiap tanggal , kita sebagai bangsa , memperingati dan merayakan Hari Lahir , sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan dasar kita, .