Membeli bekas adalah pilihan yang pintar untuk mendapatkan perangkat berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

Namun, seperti halnya pembelian barang bekas lainnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar Anda tidak hanya mendapatkan yang bagus tetapi juga terhindar dari potensi masalah.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan dari ahli untuk membantu Anda membeli bekas dengan bijak.

1. Tentukan Anggaran Anda

Langkah pertama yang harus Anda ambil adalah menentukan anggaran Anda. Tentukan berapa banyak yang siap Anda keluarkan untuk bekas. Ingatlah bahwa harga bekas akan sangat bervariasi tergantung pada model, kondisi, dan spesifikasi perangkatnya. Jadi, pastikan Anda memiliki anggaran yang realistis.

2. Cari Penjual Terpercaya

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Mencari penjual yang dapat dipercaya adalah kunci untuk mendapatkan bekas yang baik. Beberapa opsi untuk mencari penjual termasuk situs web resmi , toko elektronik terkemuka, atau platform jual-beli online yang populer seperti eBay, Swappa, atau Marketplace Facebook. Pastikan penjual tersebut memiliki reputasi yang baik dan menawarkan garansi atau pengembalian yang memadai.

3. Periksa Kondisi Fisik

Setelah Anda menemukan yang mungkin Anda inginkan, periksa kondisi fisiknya secara teliti. Perhatikan apakah ada goresan, retak, atau kerusakan lain pada layar atau bodi. Periksa juga tombol-tombol dan port-port untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Juga, pastikan tidak ada tanda-tanda cairan atau oksidasi di dalam perangkat.

4. Periksa Kelengkapan Paket

Pastikan bahwa bekas yang Anda pertimbangkan dilengkapi dengan semua aksesori yang diperlukan, seperti charger, kabel data, dan kotak asli. Aksesori asli biasanya menunjukkan bahwa perangkat telah dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya.