Wirausaha adalah seseorang yang menciptakan dengan prinsip menanggung resiko dan menikmati hasil. banyak yang harus dipersiapkan oleh pendidik dan orang tua dalam mengembangkan karakter sejak usia dini.

Tantangan dalam mendidik karakter dapat dilakukan dengan memperhatikan tujuan dan kesempatan.

Semua membutuhkan proses dalam hal mengembangkan wirausaha yang dikerjakan mulai kapan menjalankan usaha, proses usaha, dan hasil usaha karena setiap wirausaha menemukan sisi naik, sisi sedang, dan sisi turun seperti roda kehidupan.

Hal ini pula yang dilakukan oleh lembaga PAUD Bintang Kampung Cadas Putat Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor serta peran orang tua dengan menanamkan atau menstimulasi sejak dini pada karakter dengan sikap kreatif, inovatif, mandiri, jiwa kepemimpinan, pantang menyerah, dan lain sebagainya.

Akademisi dari Universitas Nahdlatul , Haryanti Jaya Harjani mengatakan bahwa untuk mengembangkan karakter usia dini mulai ditanamkan sejak usia dini melalui proses yang signifikan untuk mendapatkan luaran yang baik di usia dewasa nanti.

“Ketika usia dini sudah distimulasi tentang karakter maka usia dini akan terbiasa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya melalui pesan singkat pada Kamis, 31 Agustus .

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Diharapkan tumbuhkan semangat bagi para pendidik, orang tua, dan untuk berusaha memberikan keteladanan yang baik bagi generasi penerus bangsa.

Berwirausaha membantu melatih ketahanan , mempunyai daya juang, dan jiwa wirausaha adalah sosok pembelajar sepanjang hayat.

“Fungsi dari berwirausaha lainnya adalah untuk memberikan dampak bagi lapangan pekerjaan sehingga memudahkan untuk berinovasi sesuai bidang masing-masing, pungkasnya, pungkasnya.***