– Sejumlah pemuka yang tergabung dalam Forum Peduli Indonesia Damai berharap berlangsung damai dan menghasilkan pemimpin , baik eksekutif maupun legislatif, yang sesuai dengan harapan.

Harapan tersebut dikemukakan dalam doa bersama pemuka yang juga dihadiri presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono di , Jawa Barat, Jumat (9/2).

“Kami berkumpul dan berdoa untuk bangsa dan serta untuk calon-calon pemimpin bangsa,” ucap Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) K.H. Marsudi Syuhud dalam keterangan tertulis di , Sabtu.

Selain dan Marsudi, hadir dalam doa bersama itu Ketua Matakin Xs. Budi S. Tanuwibowo, Ketua PGI Pdt. Gomar Gultom, tokoh Katolik Kardinal Ign. Suharyo, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mayjen Purn. Wisnu Bawa Tenaya.

Hadir pula pimpinan Majelis Luhur Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (MLKI) Engkus Ruswana dan Pimpinan Spiritual Nusantara Sri Eko Srijanto Galgendu.

“Saya sampaikan kembali bahwa yang terpenting dalam kesuksesan atau pemilihan presiden dan wakil presiden atau wakil-wakil di DPR adalah masyarakat tetap rukun, teduh, adem, tidak ada bedil-bedilan, kerusuhan,” kata Marsudi.

Dalam doa bersama yang dibacakan secara bergantian itu, menurut Marsudi, para pemuka melangitkan harapan agar mereka yang sedang berkontestasi menjadi wakil rakyat, presiden atau wakil presiden membawa maslahat bagi seluruh rakyat serta tidak salah langkah yang malah menyebabkan petaka.

, pilpres memang penting bagi kita, tetapi jauh lebih penting adalah keutuhan bangsa. Ada lagi yang jauh lebih bernilai dari kemenangan, yakni satria menjunjung tinggi kebenaran dan kebajikan,” ujarnya.

Berdasarkan data , daftar pemilih tetap (DPT) pada sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebelumnya, mengumumkan peserta sebanyak 18 partai , yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), , PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat (), Partai Bulan Bintang (), , Partai Indonesia (), Partai Perindo, Partai (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, anggota legislatif () juga diikuti enam partai lokal, yakni Partai Nanggroe , Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul , Partai , Partai Adil Sejahtera , dan Partai Soliditas Independen Rakyat .

KPU RI juga telah menetapkan peserta Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Baswedan- Iskandar nomor urut 1, nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Setelah masa kampanye mulai 28 November hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari. Selang sehari, 14 Februari 2024, pemungutan suara , termasuk Anggota DPD RI, bersamaan dengan .

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono bersama pemuka yang tergabung dalam Forum Peduli Indonesia Damai melaksanakan doa bersama untuk damai di , Jawa Barat, Jumat (9/2/2024). ANTARA/Dokumentasi