Ibukota – Pengamat urusan sekaligus Direktur Eksekutif Survei lalu Polling Negara (SPIN) Igor Dirgantara mengemukakan rekonsiliasi seluruh partai urusan untuk mengupayakan pemerintah -Gibran merupakan jalan terbaik merancang bangsa.

"Itu memang benar jalan terbaik akibat butuh berbagai pihak untuk menjalankan acara yang mana telah terjadi dicanangkan," kata Igor pada dihubungi ANTARA pada , Sabtu.

Menurut dia, sejak awal memang benar sudah ada memberikan sinyal bagi seluruh partai pemerintah untuk masuk ke pemerintahannya. Hal yang disebutkan sebagai pertanda baik oleh sebab itu akan menciptakan koalisi besar yang digunakan memproduksi kedudukan pemerintah kuat.

Dengan kedudukan pemerintah yang tersebut kuat, -Gibran akan dengan sederhana menjalankan inisiatif penyelenggaraan dan juga kemakmuran rakyat.

"Dia mengharapkan memang benar semakin sejumlah koalisi ke pemerintahan itu juga semakin stabil dikarenakan kita sistemnya presidensial," kata Igor.

Salah satu besar yang mengantisipasi -Gibran adalah program  siang kemudian susu untuk . Belum lagi konstruksi Ibu Pusat Nusantara () yang tersebut sedang berjalan.

Menjalankan acara tersebut, menurut Igor, membutuhkan bantuan semua pihak agar dampaknya dapat dirasakan .

Igor berpendapat beberapa partai urusan ke seberang mulai memberikan sinyal untuk bergabung ke kubu pemerintah.

"PPP saya rasa kemungkinan bergabung dengan pemerintahan, PKB juga ada potensi. Nah, ini nggak tahu nih ," tambahnya.

Dia yakin dengan koalisi besar pemerintah, seluruh acara yang bertujuan memakmurkan akan dengan mudah-mudahan diwujudkan.

pemilihan 2024 meliputi pemilihan presiden kemudian presiden, RI, anggota , anggota provinsi serta anggota kabupaten/, dengan daftar pemilih kekal (DPT) tingkat sejumlah 204.807.222 pemilih.

Untuk pemilihan presiden serta duta presiden, dihadiri oleh tiga pasangan yakni - Iskandar nomor urut 1, Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, kemudian - nomor urut 3.

Kemudian pada pemilihan umum legislatif disertai 18 partai urusan yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai , PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai , Partai , kemudian Partai Gelora .

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat (), Partai Bulan Bintang (PBB), , Partai Indonesi (), Partai Perindo, Partai (PPP), lalu Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai pemerintah lokal sebagai partisipan yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at lalu Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, juga Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

 

ini disadur dari Pengamat sebut rekonsiliasi jalan terbaik untuk membangun bangsa