Citra Institute Yusak Farhan memprediksi pemilihan () DKI 2024 akan diikuti tiga pasangan kandidat berkompeten untuk bersaing meraih suara terbanyak di .

“Saya kira prediksinya tetap ya sekitar tiga pasang calon yang akan bertarung nanti,” kata Yusak kepada wartawan di , Senin.

Yusak menjelaskan, meski baru terdengar tiga nama yang muncul ke publik, namun pertarungan di DKI diprediksi akan kompetitif mengingat kemampuan calon yang diusungkan.

“Kalau lawannya dapat yang seimbang katakanlah pak maju lagi ataupun misalnya mengusung bu Risma, tentu pertarungan akan sangat kompetitif sekali,” jelasnya.

Dirinya juga mengomentari dua kader partai yang sudah menampakkan diri di publik sebagai bakal Cagub DKI 2024 yakni dan Ketua DKI Ahmed Zaki Iskandar.

Dia menilai meskipun popularitas lebih besar, namun Zaki yang saat ini menjadi Ketua DKI telah memiliki kendali struktural kepartaian.

“Tapi pada akhirnya partai , saya kira tidak bisa mengabaikan faktor popularitas dan faktor elektabilitas,” ujarnya.

Dalam akhir keterangannya, dia menyoroti empat besar partai politik yang diprediksi memiliki kursi teratas yakni PDI Perjuangan, PKS, , dan .

meliputi pemilihan dan wakil , anggota , anggota RI, anggota provinsi, serta anggota kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (), Partai , PDI Perjuangan, Partai , Partai Nasdem, Partai , dan Partai Gelora .

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bintang (), Partai Demokrat, Partai Solidaritas (), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan dan wakil diikuti tiga pasangan yakni Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, - Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Pranowo-. nomor urut 3.

Seturut Peraturan Nomor 3 Tahun 2022, dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai dengan 20 Maret 2024.

Foto aerial suasana kendaraan melintas di Bundaran HI, , Senin (14/9/2020). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.