Ratusan perangkat se-Indonesia antusias mengikuti webinar mengenai yang diselenggarakan oleh atau digitaldesa.id dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 78.

Berbagai aspirasi dan pertanyaan hadir dari ruang diskusi via zoom sebagai keinginan dan hasrat dari para perangkat yang ingin desanya maju.

Salah satu perangkat yang merasakan manfaatnya adalah Rafiudin, mantan kepala Karang Jaya, Kecamatan Rejang Lebong, Provinsi .

“Dengan perangkat tidak perlu merekrut tenaga profesional, karena semua kebutuhan sudah ada dan sangat bermanfaat untuk ,” ujar Rafiudin yang baru saja purnatugas pada 2022 silam pada Kamis, 17 Agustus .

Rafiudin, Mantan Kepala Karang Jaya, Rejang Lebong, mengaku merasakan adanya ekosistem dengan perangkat lunak (/RahmanSugidiyanto)

Acara yang mengundang sejumlah pembicara diantaranya , accelerator ‘Build Your Ecosystem Capability', penulis buku Synergy Way of Ecosystem Collaboration (2022) dan juga buku Synergy Way of Disruption (2018), penggerak elemen bangsa khususnya pemuda menatap masa depan bangsa Indonesia kedepan yang berkesinambungan.

Peraih Satlyalencana Wirakarya RI 2016 tersebut turut mengapresiasi adanya yang dapat dirasakan dan dicoba oleh seluruh perangkat Se-Indonesia karena sudah berbasis Software as a Service atau SaaS.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

“Dengan adanya Saas ini, Mas Kasman (Co-Founder ) gak perlu beli jet pribadi untuk menjangkau seluruh ,” ujar pria yang akrab disapa Mas Anto tersebut.