– Bintang bola basket Spanyol Ricky Rubio resmi mengumumkan pensiun dari liga basket NBA, setelah berkarir selama 12 tahun dan memainkan 698 pertandingan.

“Saya ingin mengirimkan pesan ini untuk Anda hari ini karena karir NBA saya telah berakhir,” kata Rubio, dikutip dari laman resmi Olimpiade, Minggu.

Sebelum musim NBA saat ini, Rubio memutuskan untuk mengambil cuti dari pertandingan untuk menjaga mentalnya, sesuatu yang juga ia sebutkan dalam pengumumannya.

“Tanggal 30 Juli adalah salah satu malam terberat dalam hidup saya. Pikiran saya melayang ke suatu tempat yang gelap. Saya tahu saya sedang menuju ke arah itu (gangguan ), tapi saya tidak pernah berpikir saya tidak bisa mengendalikan situasi. Keesokan harinya, saya memutuskan untuk menghentikan karir profesional saya,” ungkap Rubio.

Lebih lanjut, pemain berusia 33 tahun itu mengatakan dirinya akan membagikan cerita lengkap terkait situasi tersebut ketika waktunya sudah tepat.

Baca juga: Ricky Rubio jadi MVP Piala Dunia FIBA sekaligus pimpin All-Star

“Suatu hari ketika waktunya saya rasa tepat, saya ingin berbagi pengalaman sepenuhnya kepada kalian semua. Sehingga kita bisa saling membantu dan mendukung orang lain dengan situasi serupa,” kata Rubio.

“Namun, saat ini, saya masih ingin menyimpannya sendiri dulu. Saya masih ingin menjaga saya. Tapi, saya bangga untuk memberi tahu kalian semua bahwa saya menjadi jauh lebih baik setiap harinya,” ujarnya menambahkan.

Karir profesional Rubio sebagai pebasket profesional dimulai sejak usia 14 tahun, ia merupakan pemain termuda yang ambil bagian di liga bola basket Spanyol ACB. Ia kemudian debut di EuroLeague tak lama setelah itu, dan kembali menjadi pemain termuda di liga tersebut.

Dengan penampilannya yang memukau, Rubio pun masuk ke dalam skuad tim Spanyol pada Olimpiade 2008 Beijing di usianya yang masih 17 tahun, dan membawa pulang medali perak.

Selain itu, ia juga membantu Spanyol meraih perunggu di Olimpiade 2016 Rio dan dinobatkan sebagai MVP ketika Spanyol merebut gelar juara Piala Dunia FIBA 2019. Ia juga memenangkan dua gelar EuroBasket bersama La Roja.

Karirnya di pun dimulai saat ia direkrut oleh Minnesota Timberwolves pada 2009, dan membela tim pada periode 2011-2017 dan 2020-2021.

Rubio juga pernah masuk ke dalam skuad Utah Jazz, Phoenix Suns, dan ia terakhir membela tim Cleveland Cavaliers di NBA sebagai point guard (2021-2024).


Pebasket Cleveland Cavaliers asal Spanyol, Ricky Rubio, mengumumkan pensiun dari karir basket, Minggu. (ANTARA/AFP-SARAH STIER)