atau Diospyros kaki pertama kali ditemukan di negara lebih dari ribuan tahun yang lalu.

Dengan penampilannya yang unik, berwarna oranye seperti tomat dan memiliki rasa manis seperti madu, memiliki yang cukup banyak, meskipun tidak sepopuler -buahan lainnya.

Rasa dari sangat sepat jika kita memakannya secara langsung, rasa sepat itu sendiri dikarenakan kandungan tannin yang ada di dalam cukupn tinggi.

Namun kandungan tanin akan menurun seiring dengan proses kematangan , maka rasa sepat yang ada didalam juga akan berkurang.

Dalam tradisi ada beberapa untuk menghilangkan rasa sepat pada yaitu direndam dengan larutan air kapur minimal 24 jam.

Larutan air kapur ini meninggalkan serbuk putih mirip bedak pada kulit .

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Dikutip dari alodokter.com, berkat beragam kandungan nutrisinya, memberikan banyak untuk tubuh.

Di bawah ini adalah beberapa yang sebaiknya Anda ketahui:

  1. Mempertahankan mata

, dengan lebih dari setengah kebutuhan harian vitamin A dalam satu , membantu menjaga mata. Selain itu, kaya akan lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang penting untuk melindungi mata, meningkatkan ketajaman penglihatan, serta mencegah berbagai gangguan mata seperti degenerasi makula.

  1. Mempertahankan jantung

Kandungan tinggi flavonoid dan tanin yang berperan sebagai antioksidan dalam bermanfaat untuk menjaga jantung. Antioksidan ini membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah serta mengurangi peradangan, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Mengurangi risiko kanker

tidak hanya mengurangi risiko peradangan, tetapi juga berperan dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker. Kandungan beta karoten sebagai antioksidan dalam diyakini dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, terutama dalam kasus kanker paru-paru dan usus besar.

  1. Mempertahankan otak

mengandung senyawa antioksidan fisetin yang bermanfaat bagi otak. Fisetin telah terbukti meningkatkan memori jangka panjang, mencegah kerusakan saraf, dan menangkal penurunan fungsi kognitif yang terkait dengan penuaan.

Tidak hanya itu, fisetin juga mampu mengurangi kerusakan otak yang dapat disebabkan oleh stroke dan meningkatkan kadar hormon serotonin, yang dapat mengurangi gejala .***