PT Api (Persero) atau PT adalah jasa pengangkutan milik pemerintah yang tidak hanya melayani penumpang, tetapi juga barang.

Oleh karena itu, ini sangat ketat dalam memilih karyawan. Berbagai tahapan seleksi dilakukan dengan teliti, salah satunya adalah tes .

Berikut adalah beberapa tahapan tes yang dilakukan oleh PT :

  1. Tes Ketelitian: Tes ini menguji kemampuan ketelitian peserta. Peserta harus menentukan kata yang ada di ruas kanan dan ruas kiri yang sama. Jika menemukan kata yang sama, tinggal dilingkari saja. Jumlah untuk tes ketelitian adalah 90 dengan pengerjaan 2 menit.
  2. Tes Matematika Dasar: perhitungan matematika dasar berisi 100 dengan 5 menit. terbagi menjadi perhitungan cepat dan cerita.
  3. Tes Logika Aritmatika: Tes ini menguji kecermatan dan ketelitian dalam menghitung deret angka.
  4. Tes Wartegg: Peserta diberikan yang menggambarkan 8 kotak dengan gambar dasar seperti titik, garis, lingkaran, dan sebagainya. Peserta harus melanjutkan gambar tersebut dengan mengandalkan imajinasi.
  5. Tes Pauli: Tes ini menggunakan selembar kertas berukuran besar dengan gugusan angka-angka yang tersusun vertikal. Peserta harus menyelesaikan lebih dari 2000 angka dengan sekitar 60 menit.
  6. Tes Edwards Personal Preference Schedule (EPPS): Tes kepribadian ini menunjukkan kepribadian peserta serta seberapa besar motivasi, , dan motif mereka dalam melamar .
  7. Tes Analog Verbal: Tes ini menilai kemampuan peserta dalam mengartikan makna, fungsi, dan pemakaian .

Semoga informasi ini membantu!