– Perhelatan Pemilihan () langsung akan berlangsung lima lagi, tepatnya pada November 2024. Tahapan dan masa kampanye akan dimulai pada Agustus dan September 2024.

Dalam rangka menyambut , Jakartainside menghubungi Pangi Syarwi, seorang dan Direktur Voxpol Center, melalui sambungan telepon untuk meminta pendapatnya tentang agenda tersebut.

Menurut Pangi Syarwi, terdapat tiga faktor utama yang menentukan seorang kandidat untuk maju dalam . “Pertama, dari elit partai. Kedua, figur dan popularitas kandidat. Ketiga, elektabilitas kandidat,” jelasnya.

Saat ini, menurut Pangi, hanya Baswedan yang memenuhi ketiga faktor tersebut untuk . “Sementara kandidat lain seperti dan Basuki Tjahaja Purnama () belum memastikan keikutsertaannya,” tambahnya.

memiliki arti penting bagi elit partai, sehingga lobby dan antar partai akan berlangsung ketat. “Bisa saja salah satu nama yang populer di tidak jadi maju dalam ,” ungkap Pangi.

Secara khusus, Pangi menyebutkan bahwa Baswedan dan partai pendukungnya kini dapat fokus untuk mencari calon wakil . “Saat ini, dan partai pendukungnya bisa fokus mencari cawagub,” kata Pangi mengakhiri pembicaraan.