Iklan di Android sering membuat pengguna Android tidak nyaman. Banyak pengguna mengatakan bahwa iklan Android sangat mengganggu, sehingga penggunanya harus tahu menghilangkan iklan di yang mudah dan anti ribet.

Sebagian besar situs web dan Android bergantung pada iklan. Tak mengherankan jika iklan dan pop-up penuh dengan konten yang diupload oleh pengguna. Jika pengguna gadget merasa terganggu, maka yang dibutuhkan adalah menghilangkan iklan .

Banyak search engine yang dibuat untuk memudahkan pengguna melakukan browsing di . Dengan kehadirannya, kita dapat mencari apapun yang dibutuhkan.

Kita juga bisa menggunakan perangkat yang bisa dibawa ke mana pun agar lebih mudah.. Sayangnya, salah satu dari banyak hambatan yang mengganggu aktivitas browsing adalah munculnya iklan pop up di layar perangkat yang sangat mengganggu.

Mengutip berbagai sumber, Selasa (26/9/), ada berbagai menghilangkan iklan dari kamu, mulai dari menggunakan fitur AdBlock bawaan hingga tambahan. Untuk mengetahui menghilangkan iklan secara efektif, lihat penjelasan lengkap.

Menghilangkan Iklan di

1. Fitur Play Protect dari Play Store

Walaupun semua Play Store dijamin aman, fitur Play Protect milik Play Store adalah pertama untuk menghilangkan iklan di . Ini karena membuat fitur supaya tetap aman dari iklan berbahaya yang disebabkan oleh virus dan malware. 

menggunakan Play Protect untuk menghilangkan iklan di adalah sebagai berikut:

  • Tekan icon aplikasi pada untuk mengakses Play Store. 
  • Di pojok kanan atas tampilan foto pengguna, klik icon profil. 
  • Pilih menu Play Protect dan tekan opsi Setting di kanan atas. 
  • Pastikan toggle Scan Apps with Play Protect sudah aktif.

2. Menggunakan pengaturan security

pertama untuk menghilangkan iklan di adalah dengan mengatur menu keamanan telepon. Untungnya, fitur AdBlock ada dalam pengaturan keamanan beberapa .

Di sana, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana untuk mengaktifkannya. Ada beberapa untuk menghilangkan iklan di telepon Anda dengan menggunakan pengaturan keamanan:

  • Untuk membuka menu Pengaturan atau Settings, pilih ikon berbentuk gear di pojok kanan atas.
  • Gulir layar ke bawah sebentar sampai menu Keamanan muncul. 
  • Klik opsi Privacy.
  • Aktivasi opsi “Jangan Izinkan Penginstallan Aplikasi dari Sumber yang Tak Jelas” atau “Do Not Allow Installations from Unknown Sources”.

3. Blokir iklan di layar utama

Iklan yang muncul di web atau pusat notifikasi tidak sebaik iklan yang muncul di layar utama. Iklan spanduk lengkap muncul di semua aplikasi berbasis Android di atau tablet. 

Sistem Android memungkinkan pengembang aplikasi meminta untuk “Tampilkan di atas aplikasi lain” agar aplikasi dapat berjalan dengan baik. ini diperlukan oleh aplikasi seperti dan Messenger untuk mengidentifikasi penelepon dan menampilkan kepala gelembung obrolan.

Namun, ada beberapa aplikasi yang tidak jelas yang memanfaatkan pengguna untuk menampilkan iklan di layar utama. Saat menerima iklan seperti itu, cari nama aplikasi di layar beranda. 

Setelah kamu berhasil menemukan aplikasi tersebut, ikuti langkah-langkah berikut untuk menonaktifkan , yaitu:

  • Ketuk lama ikon aplikasi dan buka menu “info aplikasi”.
  • Gulir ke “Tampilkan di atas aplikasi lain”.
  • Nonaktifkan saklar “Izinkan tampilan di atas aplikasi lain”.
  • Jika tidak membutuhkan aplikasi tersebut, ada baiknya dihapus instalannya dari menu info aplikasi yang sama.

4. Matikan notifikasi wallpaper di layar kunci

menghilangkan iklan di yang terakhir adalah nonaktifkan notifikasi wallpaper di layar kunci. Biasanya iklan akan muncul di layar kunci dan di layar utama, sehingga perlu menonaktifkan notifikasi di layar kunci tablet atau Android.

Ikuti langkah-langkah berikut, antara lain:

  • Menu laci aplikasi dapat diakses dengan menggesek ke atas dari layar beranda.
  • Tentukan “Pengaturan”.
  • Navigasi ke “Aplikasi dan Notifikasi”.
  • Akses “Notifikasi”.
  • Gulir ke bawah dan klik “Notifikasi di layar kunci”.
  • Klik “Jangan tampilkan Notifikasi”.

5. Langganan aplikasi

Pada umumnya, iklan pop-up biasanya merupakan salah satu sumber pemasukkan untuk pengembangan dan pengoperasian aplikasi . Berlangganan aplikasi memungkinkan kamu untuk mendapatkan fitur premium seperti Ad Free, yang biasanya ditawarkan. 

Developer aplikasi biasanya akan mengenakan biaya bulanan, tahunan, atau bahkan sistem beli-putus. Namun keuntungan yang akan kamu dapatkan salah satunya adalah bebas iklan setiap saat.

Itulah penjelasan yang mudah kamu ikuti untuk menghilangkan iklan di agar tidak mengganggu notifikasi lagi. Selamat mencoba.