Siapa yang masih ingat kisah sang penakluk everest yakni sir edmund hillary dan ditemani oleh seorang sherpa (penunjuk ) bernama Tenzing Norgay?
Cerita everest menjadi kisah yang tak cepat hilang ditelan zaman karena sebelumnya tak pernah ada satupun yang bisa mendaki mencapai puncaknya hingga akhirnya pencapaian tsb dipecahkan oleh mereka berdua. Banyak yang bisa kita ambil dari kisah tersebut, diantaranya adalah peran seorang sherpa tenzing norgay yang memandu perjalanan Sang Explorer Sir Edmund Hillary mencapai puncaknya everest sebuah pencapaian besar kala itu yang tak ada orang mampu sebelumnya.

Namun yang menjadi menarik adalah bagaimana peran seorang Sherpa berpengalaman yakni Tenzing norgay membantu mendampingi Edmund Hillary berada didepan memandu pada pejalanan tersebut tapi dilangkah terakhir mencapai puncak Norgay memberikan kesempatan Hillary untuk melangkahkan kakinya agar tercatat sebagai penakluk pertama everest. pun saat ditanya kenapa Norgay tidak mengambil langkah terakhir tersebut, karena bisa saja dia yang akan dikenang sebagai penakluk everest tapi justru norgay menjawab bahwa impiannya bukanlah mencapai everest itu adalah impiannya hillary, adapun impian norgay adalah membantu orang seperti hillary untuk mencapai puncak everest.

Pada kisah itu kita mengambil bahwa itulah peran seorang , , orangtua, ustadz dan siapapun yang mau membantu kita mencapai impian kita. coba kita renungkan seandainya Hillary melakukan pendakian tanpa Norgay apakah ia akan sampai pada puncak tersebut dengan yang cepat? Mungkin bisa tapi lebih besar kemungkinan tidaknya jika secara logis sederhana kita memikirkannya.

Setiap pasti mempunyai impian, seringkali impian itu adalah hal yang terasa mustahil atau sangat berat untuk mencapainya maka disitulah peran yang berpengalaman hadir membuat impian besar tersebut jadi lebih untuk dicapai.

Ada pepatah mengatakan “ terbaik adalah ” karena dengan kita bisa mengetahui mana yang benar dan mana yang salah Tapi kata untuk mendapat tersebut TIDAK HARUS kita lalui sendiri. Ada yang lebih meminimalisir dan resiko yakni dengan belajar dari orang lain. mungkin itulah gambaran yang bisa kita dapat dari , karena umumnya adalah orang yang berpengalaman lebih dahulu dibanding kita.

Sekarang yang jadi pertanyaan, sudahkah kamu memiliki yang membantu mencapai impianmu?