kepramukaan di mengenal dua tingkatan utama dalam golongan Penegak, yang ditujukan untuk remaja berusia 16 hingga 20 tahun. Kedua tingkatan ini, Bantara dan Laksana, memiliki peran penting dalam anggota .

Tingkatan Penegak

Penegak memiliki dua tingkatan utama, yaitu:

  1. Penegak Bantara Tingkatan ini adalah langkah awal bagi anggota Penegak. Di sini, mereka mulai mengasah keterampilan dan kepramukaan. Anggota Penegak Bantara biasanya adalah yang duduk di menengah atas 10 menuju 11. Mereka aktif dalam kegiatan Ambalan, yang merupakan unit organisasi dalam Penegak, dan juga berpartisipasi dalam kegiatan sosial di .
  2. Penegak Laksana Ini adalah tingkatan tertinggi dalam Penegak. Anggota Penegak Laksana umumnya adalah 11 dan 12 yang telah menunjukkan kemampuan dan dedikasi yang tinggi dalam kegiatan kepramukaan. Mereka memiliki peran lebih besar dalam Ambalan dan diharapkan dapat menjadi bagi anggota yang lebih muda.

Struktur Organisasi dan Kegiatan

Setiap Ambalan diatur oleh Dewan Ambalan, yang terdiri dari anggota tingkat Bantara dan Laksana. Dewan ini bertugas mengkoordinasikan kegiatan Sangga, yang merupakan kelompok kecil dalam Ambalan. Setiap Sangga dipimpin oleh seorang Pradana, yang dipilih melalui musyawarah.

Kegiatan Penegak dirancang untuk mengembangkan keterampilan dan karakter, dengan fokus pada kegiatan outdoor, , dan pelayanan . Melalui kegiatan ini, anggota Penegak tidak hanya mengembangkan diri sendiri tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi sekitar.

Kode Kehormatan Penegak

Seperti golongan lainnya, Penegak juga mengikuti kode kehormatan yang terdiri dari Satya dan Dasa Dharma. Kode ini menjadi pedoman dalam setiap aktivitas dan interaksi mereka, baik di dalam maupun di luar kegiatan kepramukaan.

Kesimpulan

Tingkatan dalam Penegak, yaitu Bantara dan Laksana, bukan hanya menandai pencapaian dalam kegiatan kepramukaan tetapi juga persiapan bagi para anggota untuk menjadi dan warga yang bertanggung jawab. Melalui struktur organisasi yang matang dan kegiatan yang beragam, Penegak berperan penting dalam dan keterampilan generasi muda.