JakartaInsideCom– Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Indonesia () tahun 2024 berlangsung khidmat di Lapangan Silang , Jakarta Pusat, pada Sabtu (5/10/2024). Acara ini dipimpin langsung oleh Presiden RI selaku Inspektur Upacara, didampingi Panglima Agus Subiyanto dan para Kepala Staf , yakni Kasad Maruli Simanjuntak, Kasal Laksamana Muhammad Ali, serta Kasau Marsekal Mohamad Tonny Harjono.

Upacara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Presiden RI , Pertahanan RI Prabowo Subianto, para Indonesia Maju, dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, serta sejumlah pejabat tinggi negara lainnya.

Penampilan demo pesawat Jupiter Aerobatik team kT-18 yang melintas daerah Monumen ,Sabtu (5/10). ( photo : Rangga/ Jakartainsidecom).
Penampilan demo terjun Free fall oleh 200 Satuan gabungan yang mendarat di area pelataran Monumen , sabtu, (5/10). ( photo : Rangga/ Jakartainsidecom).

Komandan Upacara dan Pengucap Sapta Marga Mayjen Djon Afriandi, yang menjabat sebagai Danjen Kopassus, dipercaya sebagai Komandan Upacara pada momen bersejarah ini. Sementara pengucap Sapta Marga berasal dari tiga matra , yakni Mayjen Putranto Gatot Sri Handoyo (Pangdam XV/Pattimura), Laksda Hudiarto Krisno Utomo (Pangkolinlamil), dan Marsda Budhi Achmadi (Pangkoopsud II).

Penerima Tanda Kehormatan RI Beberapa perwakilan dari menerima Tanda Kehormatan Republik Indonesia atas dedikasi dan jasa mereka. Di antaranya adalah Mayjen Deddy Suryadi (Pangdam IV/Dip), Laksda Dr. Yoos Suryono Hadi (Pangkoarmada 1), dan Marsda Deni Hasoloan S (Kaskogabwilhan III).

Parade dan Defile HUT ke-79 tahun ini menghadirkan parade dan defile yang melibatkan lebih dari 30.206 personel pasukan. Tak hanya itu, sebanyak 521 utama senjata (Alutsista) dari berbagai matra ikut serta dalam defile, termasuk 145 unit kendaraan klasik dan motor gede (moge).

Rincian defile Alutsista dari masing-masing matra:

1. AD: 107 Alutsista

2. AL: 120 Alutsista

3. : 44 Alutsista

4. Kemhan RI: 250 Alutsista

5. Kendaraan klasik dan moge: 145 unit

Dengan tema “ Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Untuk Indonesia Maju,” parade ini menunjukkan kesiapan dalam menghadapi berbagai tantangan dan menjaga stabilitas .

Rangkaian Kegiatan HUT ke-79 Sejak 10 September 2024, telah menyelenggarakan berbagai kegiatan menyambut HUT ke-79. Beberapa di antaranya adalah Cipta Teknologi, Pesta Rakyat di , Pameran Alutsista, serta berbagai kegiatan bakti sosial, termasuk operasi katarak, operasi bibir sumbing, pengobatan umum dan gigi, sunatan massal, donor darah, serta pelatihan hidup dasar.

Selain itu, kegiatan seperti Panglima Run, Matra Fair dari AD, AL, dan AU, serta pembagian kepada masyarakat juga memeriahkan perayaan ini. Rombongan pun melakukan ziarah ke makam Presiden RI dan Panglima Besar Jenderal Soedirman sebagai bagian dari penghormatan atas jasa para pendahulu.

Dengan semangat kebersamaan dan dedikasi tinggi, berkomitmen untuk terus menjadi kekuatan utama dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara, sekaligus mendukung suksesi nasional yang akan datang.