Hal ini dapat dijalankan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, partisipasi masyarakat, juga juga merangkul pemerintah area pada mengatur transisi berkeadilan….

jakartainside.com – DKI – Koalisi Organisasi Warga Sipil memohon dokumen dan juga komitmen konstruksi sektor (Comprehensive Investment and Policy Plan/CIPP) terus dikawal agar menjadi rekomendasi yang mana mana kuat bagi Satuan Tindakan Transisi Tenaga .

pemerintahan resmi meluncurkan CIPP kegiatan pendanaan kemitraan transisi berkeadilan (Just Energy Transitions Partnership/JETP) pada Selasa (21/11).

"Hal ini dapat diadakan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, partisipasi masyarakat, juga merangkul pemerintah area pada mengatur transisi berkeadilan dengan pemetaan hingga ke tingkat ," kata Direktur Koaksi Indonesia Verena Puspawardani lewat keterangan yang mana diterima di , Rabu.

Selain itu, penerapan kesetaraan gender, disabilitas, juga inklusi sosial (GEDSI) juga harus menjadi landasan yang dimaksud memprioritaskan beragam kelompok rentan dan juga terdampak.

Dokumen CIPP, kata dia, juga mengakui bahwa transisi akan menggerakkan terciptanya hijau (green jobs) juga memperhitungkan potensi lapangan kerja yang mana hilang juga langkah mitigasinya.

Untuk itu, peningkatan kapasitas pekerja menjadi penting agar tetap saja cuma dapat terserap pada habitat terbarukan. Selain itu, sektor bidang lain perlu dikembangkan untuk mengempiskan dampak meningkatnya pengangguran baru.

"Terkait green jobs, pemerintah sudah ada mempunyai inisiatif memajukan green jobs dengan adanya peta jalan. Hal ini perlu dimasukkan ke di tempat dokumen CIPP untuk menguatkan kemudian regional sehingga memverifikasi yang dimaksud dimaksud dimanfaatkan," ucap Verena.

Sementara itu, Indonesia Team Lead 350.org Sisilia Nurmala Dewi mengungkapkan bahwa dokumen CIPP semata-mata fokus pada pengembangan terbarukan skala besar kemudian justru mengabaikan terbarukan berbasis masyarakat. Hal itu menyalahi prinsip utama transisi berkeadilan, yakni leave no one behind.

"Dokumen CIPP masih meninjau rakyat cuma sekali sebagai konsumen tiada sebagai warga yang digunakan mampu berkontribusi pada pengembangan terbarukan. Padahal sebagai sebuah kepulauan dengan penduduk yang mana digunakan sangat tersebar kemudian kesempatan terbarukan melimpah, desentralisasi merupakan strategi penting mencapai kemandirian kemudian meningkatkan kekuatan ketahanan ," ucap Sisilia.

Direktur Eksekutif kemudian juga Ekonom Celios Bhima Yudhistira menilai dokumen CIPP JETP masih kontradiktif. Target bauran terbarukan pada CIPP cukup ambisius, yakni mencapai 44 persen pada 2030. Namun, dalam tempat sisi lain, belaka sekali dua pembangkit tenaga uap (PLTU) yang dimaksud mana masuk daftar pensiun dini pada skema itu, yaitu PLTU Ratu lalu juga PLTU .

"Sebagian PLTU yang mana digunakan masuk pensiun dini, yakni PLTU -1, sebenarnya telah dilakukan masuk pada skema ETM (energy transition mechanism/mekanisme transisi . Jadi, seolah tidak ada niatan untuk benar-benar melakukan penutupan PLTU batu bara, " ujar Bhima.

Direktur Inisiatif Transisi Bersih Harryadin Mahardika menambahkan bahwa hal yang yang disebutkan mirip juga pernah dijalankan Indonesia. Dalam Umum (RUEN) yang dimaksud yang dimaksud diterbitkan pada 2014, Indonesia mempunyai target bauran terbarukan 23 persen pada lalu juga 31 persen pada 2050.

Namun pada ketika yang dimaksud yang dimaksud sama, Indonesia juga memulai kegiatan 35 gigawatt (GW) yang digunakan mayoritas adalah PLTU batu bara. Penambahan PLTU, kata Harryadin, akhirnya justru menggerus ruang pengembangan terbarukan sehingga target bauran hijau bukanlah tercapai.

Sebelumnya, Menteri Daya juga Informan Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyebutkan ada dua proyek utama yang tersebut mana akan dikerjakan pada skema kemitraan JETP.

Arifin menyebutkan proyek pensiun dini Pembangkit Tenaga Uap (PLTU) -1 pada Jawa Barat akan menjadi prioritas yang tersebut mana dilanjutkan pengerjaan transmisi kelistrikan Jawa-Sumatera.

Menurut Arifin, kerja identik JETP merupakan salah satu upaya Indonesia untuk mempercepat transisi . Selain itu, JETP diharapkan dapat mengatalisasi pembangunan sektor dan juga dukungan yang mana digunakan berjauhan lebih banyak besar besar ke depan, khususnya, dapat memprioritaskan dukungan kemudian pengerjaan bagi fondasi dari transisi itu sendiri, yaitu pengembangan lalu juga penguatan transmisi.

Sumber Antara

by Jakarta Inside