– Aliansi Independen () mengambil bagian menolak draf revisi Undang-Undang (UU) yang tersebut sedang dibahas dalam . menilai, sejumlah poin yang akan menghancurkan juga produk-produk jurnalistik yang digunakan diciptakan.

Ketua umum , Nany Afrida meminta, partisipasi rakyat khususnya warga, orang-orang kemudian kelompok-kelompok yang tersebut ada hubungannya dengan untuk menolak tersebut, lantaran banyak penyimpangan yang terjadi.

“Kami mengamati menegosiasikan jurnalisme investigasi itu benar-benar dalam luar nalar saya sebagai kemudian juga teman-teman yang dimaksud lain. Karena bagaimanapun jurnalisme investigasi itu adalah strata tertinggi dari jurnalisme serta itu tidaklah semua penduduk bisa,” ucap Nany di dalam Dewan , , Selasa (14/5/2024).

“Itulah yang digunakan membantu aparat kadang-kadang pada mendapatkan informasi. Jangan jauh-jauh, contohnya belaka pada saat persoalan bantuan, dari mana munculnya ketika itu? Dari ,” tambahnya.

Nany menilai, pelarangan media investigatif yang digunakan dirumuskan di yang disebutkan hal yang mana berlebihan. Dia berharap, agar perumusan RUU yang dimaksud sanggup melibatkan berbagai pihak.

“Jadi saya pikir ini sedikit berlebihan. Jadi kalau sanggup tolong ditunda sampai masa kepengurusan yang digunakan baru, kemudian melibatkan semua penduduk sehingga ini sanggup masih mempertahankan kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan , Ninik Rahayu mengungkapkan, penolakan terhadap draf yang disebutkan di bermacam argumentasi. Pertama, penolakan yang digunakan pertama adalah urusan , tak dimasukkanya UU 40 Tahun 1999 di konsideran tersebut.

“Ini mencerminkan bahwa bukan mengintegrasikan kepentingan lahirnya jurnalistik yang digunakan berkualitas sebagai salah satu produk-produk termasuk distorsi yang akan dijalankan melalui saluram ,” kata Ninik ketika konferensi di Dewan , , (14/5/2024).

Kedua Ninik melanjutkan, ini berubah menjadi salah satu pendorong bukan , bukan independent, serta bukan akan melahirkan jurnalistik yang digunakan berkualitas dikarenakan pada pemberitaan.

“Dewan berpandangan, pembaharuan ini diteruskan sebagian aturan aturannya akan menyebabkan berubah jadi barang yang digunakan buruk, yang tersebut tak profesional dan juga tiada independen,” ujar Ninik.

Ketiga, dari sisi serangkaian yang disebutkan menyalahi nomor 91/PUU-XIII/2020 bahwa penyusunan sebuah regulasi harus banyak yang terlibat lalu berpartisipasi ke dalamnya.

“Maknanya apa? Harus ada keterlibatan , hak rakyat untuk didengar pendapatnya, haknmasyarakat untuk dipertimbangkan pendapatnya,” ucap Ninik.

ini disadur dari AJI Sebut Draf Revisi UU Penyiaran Menegosiasikan Jurnalisme Investigasi di Luar Nalar