– Munculnya nama Ahmad Sahroni, dan Ariza Patria menjadi sebuah fenomena menarik dalam gelaran tahun 2024. Semua tentu tahu kapasitas dan popularitas mereka yang selama ini sudah cukup dikenal publik secara luas. Bukan semata tokoh, nama besar di atas sudah terbukti memberikan sumbangsih terbaiknya sebagai para pemimpin di daerahnya. Ketika mereka tertarik maju dalam nantinya ini membuktikan kontestasi masih menjadi magnet utama dalam kancah perpolitikan di .

Sahroni sebagai putra terbaik bersiap maju melalui Partai , lewat Partai Golkar, dan Ariza menjadi wakil . Dibandingkan Sahroni dan Emil (sapaan ), posisi Ariza dari segi kekuatan lebih jelas mengingat menempati 3 besar partai kuat di . Ariza juga pernah menduduki jabatan tinggi di saat mendampingi sebagai Wakil Gubernur selama lima tahun. Posisi politiknya saat ini juga cukup menguntungkan dengan menempati jabatan Ketua .

Meski begitu, harus diakui Sahroni punya kekuatan besar sebagai putra asli dan kedudukan yang penting dalam kepengurusan Partai . Emil juga memimpin sebagai dan sejak berlabuh di Golkar namanya semakin dikenal publik. Terlepas soal posisi dan popularitas, kita juga masih menunggu bagaimana dan PKS berlabuh sebagai dua partai besar yang cukup dominan menguasai . Kepentingan untuk berhasil menggaet keduanya sebagai mitra koalisi sangat mendukung potensi kemenangan bagi siapapun yang kelak maju dalam Pilgub tahun 2024.

Tapi perlu diingat selalu dinamis dan tak sekedar bicara posisi dan saja sebagai variabel penentu. Kita menyaksikan elektoral menghadirkan elemen dukungan relawan, kekuatan finansial, wacana atau isu yang dikembangkan kontestan untuk dan berbagai faktor lainnya akan mempengaruhi “panasnya” gelaran . Bercermin dari sebelumnya, bagaimana kelompok 212 misalnya cukup mempengaruhi kemenangan . Dukungan kelompok relawan, dan penggunaan isu identitas seketika mengubah peta dan menciptakan kemenangan calon gubernur yang sebelumnya kurang diperhitungkan. Ada apa lagi kejutan di Jakarta tahun 2024, semua masih misteri dan kita tunggu kelanjutannya saja.